Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Berduka, Dirjen ILMATE Harjanto Tutup Usia

Kompas.com - 24/03/2020, 10:55 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka melanda Kementerian Perindustrian (Kemenperin) atas wafatnya Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Dirjen ILMATE) Harjanto.

Pria yang aktif di sektor industri otomotif dan menjadi salah satu orang yang mendorong kendaraan elektrifikasi di Indonesia ini, meninggal dunia pada Senin (23/3/2020) pukul 21.30 WIB di Rumah Sakit Medistria.

Sebelumnya, almarhum pun sudah sempat menjalani perawatan selama beberapa minggu dan kini telah dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Baca juga: Imbas Covid-19, Kemenhub Hapus Program Mudik Bareng Lebaran 2020

Harjanto mengawali karir di Kemenperin sejak 1987. Prestasinya cukup gemilan dan pernah menempati beberapa posis strategis, seperti Atase Perindustrian pada KBRI Brussel, Direktur Kerja Sama Industri Internasional Wilayah I dan Multilateral, lalu naik sebagai Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur (eselon II) pada 2014.

Tak hanya itu, sebelum menempati posisis terakhirnya, pria kelahiran Bandung 21 Juni 1961 ini juga pernah menjabat sebagai Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka pada 2015 serta Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional pada 2016.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bila almarhum Harjanto merupakan sosok orang yang baik, cerdas, dan rendah hati.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, Harjanto dengan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin RI, Putu Juli Ardika di The 1st Sub Joint Committee Meeting, Jumat (13/12/2019). Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, Harjanto dengan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin RI, Putu Juli Ardika di The 1st Sub Joint Committee Meeting, Jumat (13/12/2019).

"Kami merasa sangat sedih dan kehilangan, sebab almarhum merupakan sosok yang pekerja keras dan disiplin. Mari kita doakan bersama, semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan. Amin," kata Agus, dalam keterangan resminya, Selasa (24/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com