Perbaikan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek, Simak Pengalihan Arusnya

Kompas.com - 15/03/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi DOKUMENTASI HUMAS JASA MARGA Ilustrasi
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengumumkan adanya pengalihan kendaaran dari kawasan MM 2100 menuju Jakarta ke Gerbang Tol (GT) Cibitung 7. Pengalihan ini berlaku mulai hari Minggu (15/3/2020) pukul 14.00 WIB.

Hal ini dilakukan sehubungan adanya pembangunan proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Lokasi tepatnya berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni pada Simpang Susun (Cibitung) Km 24+600.

"Pengalihan lalu lintas yang dilakukan adalah dari Kawasan MM 2100 ke arah Jakarta, yang semula melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Cibitung 2, akan dialihkan untuk transaksi di GT Cibitung 7," ucap Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, dalam pesan resminya, Sabtu (14/3/2020).

Baca juga: Bertemu Motor Milik Polisi Paling Jujur di Indonesia

Akses menuju GT Cibitung 7 yang saat ini masih bersifat sementara, letaknya tidak jauh dari GT Cibitung 2. Tepatnya sekitar 250 meter di samping GT Cibitung 2.

Dengan adanya pengalihan tersebut maka pengguna jalan dari arah Kawasan MM 2100 tetap menuju arah GT Cibitung 2 seperti biasanya, namun akan dilakukan penutupan pada akses GT Cibitung 2 arah Jakarta dan dialihkan ke akses menuju GT Cibitung 7.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat sore, Kawan JM! ? ? Khususnya untuk Kawan JM pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang tinggal di daerah Cibitung dan sekitarnya, simak infografis di atas ya.? ? Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian akan melakukan pengalihan lalu lintas sehubungan dengan pembangunan proyek Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang terletak di Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek), khususnya di Simpang Susun (SS) Cibitung KM 24+600. ? ? Pengalihan lalu lintas akan berlaku mulai besok, Minggu (15/03) pukul 14.00 WIB. Pengalihan lalu lintas tersebut adalah pengalihan lalu lintas dari Kawasan MM 2100 ke Jalan Tol Jakarta-Cikmpek arah Jakarta yang semula melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Cibitung 2, akan dialihkan ke GT Cibitung 7.? ? Nah, dimana sih lokasi GT Cibitung 7 dan cara menuju kesana?? ? Jaraknya tidak jauh dari GT Cibitung 2 nih Kawan JM, tepatnya sekitar 250 meter di samping GT Cibitung 2. Untuk mengaksesnya, Kawan JM dari Kawasan 2100 tetap menuju arah GT Cibitung 2 seperti biasanya, namun akan dialihkan ke akses GT Cibitung 7. ? ? Sedangkan untuk Kawan JM dari Kawasan MM2100 yang menuju ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek tetap normal ya, tidak ada pengalihan.? ? Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pengalihan lalu lintas ini. Kami mengimbau Kawan JM untuk mengikuti arahan petugas dan mematuhi rambu-rambu yang telah disiapkan. ? ? #Tol_Japek? #JasaMarga? #JasaMargaConnectingIndonesia

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on Mar 14, 2020 at 2:23am PDT

"Untuk lalu lintas dari Kawasan MM 2100 ke Jalan Tol Japek arah Cikampek berlangsung normal, tidak mengalami pengalihan lalu lintas," ucap Heru.

Selain memberlakukan rekayasa lalu lintas, Jasa Marga juga mengumumkan bila pihaknya mulai hari ini kembali melakukan pemeliharaan jalan berupa rekonstruksi rigid pada SS Cikunir Siklus Ketiga. Proses pengerjaan dilakukan selama enam hari ke depan.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Karyawan Pabrik Toyota Indonesia Mulai Diliburkan

Pekerjaan ini dilakukan pada lajur 1 dan 2 on ramp Kanalisasi Cikunir, atau pada Km 10+560 dengan rincian lajur 1 penanganan sepanjang 140 meter dan lajur 2 sepanjang 35 meter.

Area tersebut merupakan pertemua dua arah dari Jalan Tol JORR (Jatiasih dan Rorotan) menuju Jalan Tol Jakarta Cikampek.

"Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi, Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup lajur 3 on ramp di lokasi pekerjaan dan contraflow secara situasional dengan titik awal Km 08+000 s.d Km 11+000 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," kata Heru.

Pengerjaan rekonstruksi di SS CikunirJasa Marga Pengerjaan rekonstruksi di SS Cikunir

Pekerjaan rekonstruksi rigid SS Cikunir Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, dijadwalkan terdiri dari tujuh siklus yang mana pelaksanaan tiap siklusnya berdasarkan hasil evaluasi pekerjaan setiap minggunya.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pemeliharaan ini. Kami mengimbau pengguna jalan tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu, serta khusus untuk pengguna jalan arah Cikampek di waktu akhir pekan agar memantau kondisi lalu lintas secara aktif," ucap Heru.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X