Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbaikan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek, Simak Pengalihan Arusnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengumumkan adanya pengalihan kendaaran dari kawasan MM 2100 menuju Jakarta ke Gerbang Tol (GT) Cibitung 7. Pengalihan ini berlaku mulai hari Minggu (15/3/2020) pukul 14.00 WIB.

Hal ini dilakukan sehubungan adanya pembangunan proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Lokasi tepatnya berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni pada Simpang Susun (Cibitung) Km 24+600.

"Pengalihan lalu lintas yang dilakukan adalah dari Kawasan MM 2100 ke arah Jakarta, yang semula melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Cibitung 2, akan dialihkan untuk transaksi di GT Cibitung 7," ucap Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, dalam pesan resminya, Sabtu (14/3/2020).

Akses menuju GT Cibitung 7 yang saat ini masih bersifat sementara, letaknya tidak jauh dari GT Cibitung 2. Tepatnya sekitar 250 meter di samping GT Cibitung 2.

Dengan adanya pengalihan tersebut maka pengguna jalan dari arah Kawasan MM 2100 tetap menuju arah GT Cibitung 2 seperti biasanya, namun akan dilakukan penutupan pada akses GT Cibitung 2 arah Jakarta dan dialihkan ke akses menuju GT Cibitung 7.

Selain memberlakukan rekayasa lalu lintas, Jasa Marga juga mengumumkan bila pihaknya mulai hari ini kembali melakukan pemeliharaan jalan berupa rekonstruksi rigid pada SS Cikunir Siklus Ketiga. Proses pengerjaan dilakukan selama enam hari ke depan.

Pekerjaan ini dilakukan pada lajur 1 dan 2 on ramp Kanalisasi Cikunir, atau pada Km 10+560 dengan rincian lajur 1 penanganan sepanjang 140 meter dan lajur 2 sepanjang 35 meter.

Area tersebut merupakan pertemua dua arah dari Jalan Tol JORR (Jatiasih dan Rorotan) menuju Jalan Tol Jakarta Cikampek.

"Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi, Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup lajur 3 on ramp di lokasi pekerjaan dan contraflow secara situasional dengan titik awal Km 08+000 s.d Km 11+000 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," kata Heru.

Pekerjaan rekonstruksi rigid SS Cikunir Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, dijadwalkan terdiri dari tujuh siklus yang mana pelaksanaan tiap siklusnya berdasarkan hasil evaluasi pekerjaan setiap minggunya.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pemeliharaan ini. Kami mengimbau pengguna jalan tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu, serta khusus untuk pengguna jalan arah Cikampek di waktu akhir pekan agar memantau kondisi lalu lintas secara aktif," ucap Heru.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/15/130200215/perbaikan-jalan-di-tol-jakarta-cikampek-simak-pengalihan-arusnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke