Kapan Sopir Bus Antar Kota Harus Istirahat?

Kompas.com - 14/03/2020, 16:09 WIB
Bus scania double decker yang promo Rp 50.000 rute Jakarta-Semarang-Solo dari 14-18 Februari 2019 KOMPAS.com/Ryana AryaditaBus scania double decker yang promo Rp 50.000 rute Jakarta-Semarang-Solo dari 14-18 Februari 2019

JAKARTA, KOMPAS.com – Pergi keluar kota yang berbeda provinsi, bisa menggunakan transportasi bus Angkutan Antarkota AntarProvinsi (AKAP). Jika memakan waktu lama, biasanya bus memiliki dua sopir agar bisa bergantian.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), mengatakan, belum ada aturan tentang berapa jumlah sopir untuk bus AKAP.

“Sejauh ini aturan jumlah pengemudi belum dicantumkan. Namun diimbau untuk bus dengan perjalanan jauh memiliki dua sopir,” kata Sani kepada Kompas.com, Sabtu (14/3/2020).

Baca juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Kondisi Harga Mobil Murah Bekas Maret 2020

sopir busKompas.com/Fathan Radityasani sopir bus

Waktu istirahat sopir bus juga sudah diatur sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) AKAP, yang ditulis pada Peraturan Menteri Perhubungan PM 29 Tahun 2015. Berdasarkan SPM, Sopir maksimal istirahat maksimal 15 menit setelah mengemudi selama dua jam berturut-turut.

“Sopir diimbau untuk istirahat selama 30 menit setelah mengemudi empat jam. Sopir maksimal mengemudi delapan jam perjalanan, setelah itu harus istirahat dan diganti dengan pengemudi lain,” ucap Sani.

Bus AKAP biasanya memiliki tempat istirahat di kabin untuk sopirnya. Tempatnya berupa tempat tidur, dan kebanyakan terletak di bagian belakang bus.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X