Groundbreaking Pabrik Hyundai di Indonesia, Mulai April 2020

Kompas.com - 12/03/2020, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company (HMC) akan merealisasikan pembangunan pabrik mobil senilai 4 miliar dollar Amerika Serikat (AS) di Indonesia dalam waktu dekat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan,  peletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pabrik itu bakal dilakukan mulai April 2020.

"Tadi sampai laporan, kami belum terhambat tuh. Nanti groundbreaking-nya Hyundai awal April. Malahan Presiden setuju hadir," ujarnya di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Luhut Sebut Virus Corona Tak Hambat Investasi Hyundai di Indonesia

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan pers di Hotel Pasific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020).KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARI Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan pers di Hotel Pasific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Berdasarkan laporan itu pula, Luhut memastikan bahwa rencana besar dari merek otomotif asal Korea Selatan tersebut tidak terpengaruh merebaknya virus corona (Covid-19).

Adapun nilai investasi Hyundai ke RI, lanjut dia, hampir mencapai 4 milar dollar AS dengan alokasi 1,5 miliar dollar AS-nya ke pabrik Morowali, Sulawesi Tengah.

"Groundbreaking masih di Morowali 1,5 miliar dollar AS. Terus 3 miliar dollar AS, jadi hampir 4 miliar dollar AS masih jalan (untuk nilai investasi Hyundai)," katanya.

Hyundai sebelumnya memang telah berkomitmen untuk menyasar pasar Tanah Air. Hal ini diikat dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan pemerintah Indonesia tahun lalu.

Pada kesempatan terpisah, Hyundai juga dikabarkan akan menyasar Kabupaten Bekasi, Jawa Barat untuk pabrik perakitan mobilnya. Tepatnya, di kawasan industri Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

"Lalu kita harapkan juga LG baterai, lithium baterai, juga groundbreaking," kata Luhut lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.