Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Kampas Kopling Vespa 2-Tak Sudah Aus

Kompas.com - 08/03/2020, 18:25 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comVespa dua tak kebanyakan masih menggunakan kopling manual pada sistem transmisinya. Fungsi kopling sangat penting untuk mengirimkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Endar, mekanik dari bengkel spesialis Vespa dua tak, Sar Motor di Bogor, mengatakan, ketika kampas kopling aus, terdapat ciri-ciri yang bisa dirasakan oleh pemilik motor. Jadi sebelum kampasnya aus, bisa dilakukan penggantian suku cadang.

“Ciri-ciri kopling mau habis yang pertama yaitu motor enggak ada tenaga, sulit dinyalakan menggunakan starter kaki, dan ketika masuk gigi dan ditekan koplingnya, motor tetap berjalan, tidak netral,” kata Endar kepada Kompas.com, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Pecah Rekor, Yamaha RX-King Terjual Rp 150 juta!

Vespa dua takKompas.com/Fathan Radityasani Vespa dua tak

Biaya penggantian kopling tergantung dari jenis Vespanya. Pemilik memiliki pilihan untuk menggunakan kampas kopling yang biasa atau yang orisinal. Keduanya memiliki harga dan kualitas yang berbeda.

“Untuk yang orisinal, harganya Rp 150.000 yang berisi tiga piringan kampas kopling. Sedangkan yang biasa, harganya Rp 85.000. Keduanya belum termasuk ongkos pasang,” ucap Endar.

Baca juga: Kenapa Suzuki Jimny Bekas Harganya Mahal?

Mawi, pemilik dari Sar Motor, mengatakan, kampas yang aus juga menyebabkan tuas kopling menjadi keras ketika ditarik. Jika dibiarkan, bisa membuat kabel kopling cepat putus.

“Kalau koplingnya sudah tidak normal, keras ketika ditarik, kabelnya bisa putus. Kalau sudah keras, kabel kopling bisa putus dalam waktu dua sampai tiga bulan. Sedangkan kalau masih empuk seperti standar pabrik, usia kabel kopling bisa tahunan,” ucap Mawi kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com