Kupas Penampilan Big Bus dari Adi Putro, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 06/03/2020, 14:54 WIB
Bus UHD Kompas.com/Fathan RadityasaniBus UHD

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adi Putro memamerkan dua unit bus besar (big bus) di pameran GIICOMVEC 2020 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, dari tanggal 5 sampai 8 Maret 2020.

Kedua bis tersebut merupakan jenis yang berbeda. Pertama, yaitu Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD), lalu yang kedua, Jetbus 3+ Super High Decker (SHD).

Pada pameran ini, tipe big bus tidak ada perubahan yang signifikan. Sedikit perubahan ada pada selendang SHD yang sekarang menggunakan model "Voyager". Secara umum, kedua bus memiliki panjang dan lebar yang sama, perbedaan hanya ada pada tingginya saja.

Adi Bagus, Supevisor Sales PT Adiputro Wirasejati, mengatakan, perbedaan tingginya lumayan besar yaitu 15 cm. Perbedaan tersebut berpengaruh pada luas bagasi dan lapangnya kabin bus.

Baca juga: MG Resmi Masuk Indonesia, Langsung Bawa SUV

Posisi duduk sopir bus UHDKompas.com/Fathan Radityasani Posisi duduk sopir bus UHD

"Perbedaan keduanya yaitu bagasi yang UHD lebih luas dan posisi sopir lebih di lantai pertama. Untuk yang SHD, posisi sopir masih lumayan rata dengan penumpang, tidak berbeda jauh," kata Adi saat ditemui di pameran, Jumat (6/3/2020).

Adi juga menambahkan, bus yang UHD memiliki kabin yang lebih luas, jika diisi dengan kursi yang memiliki sandaran kaki, tidak terasa sempit. Berbeda dengan yang SHD.

Bus UHD yang dipamerkan memiliki interior yang mewah dengan kursi yang memiliki sandaran kaki. Dengan kursi yang lebih besar, bus ini bisa dinaiki oleh 32 orang. Selain ada kursi, pada bagian belakang bus ditambahi sofa berbentuk huruf U.

Baca juga: Toyota Pamer HiAce Mewah

Pada setiap kursi juga dilengkapi dengan port USB yang bisa digunakan untuk mengecas telepon genggam. Unit UHD yang dipamerkan, menggunakan sasis Volvo B11R yang memiliki tenaga 430 HP. Untuk harga bodinya saja, mulai dari Rp 600 jutaan.

Versi SHD yang dipamerkan pada acara GIICOMVEC 2020 memiliki jumlah kursi penumpang sebanyak 56 orang. Pada bagian tengahnya ada variasi kursi yang saling berhadapan dengan meja ditengahnya.

Posisi duduk SHDKompas.com/Fathan Radityasani Posisi duduk SHD

Selain itu ada penambahan toilet pada bus yang meningkatkan kepraktisan. Sasis yang digunakan pada bus SHD yaitu Scania K410.

Kedua kursi bus sudah dilapis dengan bahan kulit dan empuk. Untuk sistem hiburannya, dilengkapi dengan dua TV LED dan audio dengan pemutar DVD, dua set speaker dan power subwoofer.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X