Modifikasi Yamaha Scorpio 2013 Cafe Racer

Kompas.com - 26/01/2020, 12:01 WIB
Yamaha Scorpio Cafe Racer Foto: IstimewaYamaha Scorpio Cafe Racer
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Cafe racer masih cukup diminati. Seperti yang dilakukan Eka, arsitek muda yang menyukai proporsi cafe racer ala motor balap zaman dulu dengan setang bungkuk.

Tak mau ambil pusing, Eka menyerahkan proses modifikasi Yamaha Scorpio 2013 miliknya kepada Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio yang bermarkas di Depok, Jawa Barat.

Yamaha Scorpio Cafe Racer Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Cafe Racer

"Setelah bincang-bincang akhirnya jalan tengah dalam proyek ini yaitu konsep motor ini dibuat clean, bersih dan minimalis," kata Diwa kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Baca juga: Aksesori Resmi Yamaha XSR 155 Bergaya Cafe Racer

Proyek pertama ialah mengubah sasis menjadi semi naked untuk mengejar proporsi cafe racer. Adapun tangkinya diambil dari model Yamaha RX Spesial yang punya bentuk panjang dan ramping.

Yamaha Scorpio Cafe Racer Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Cafe Racer

Aura cafe racer terlihat di area kemudi dengan setang jepit dan spion model bar end. Beralih ke belakang, buntut tawon dibuat knock down alias bisa dilepas sehingga memudahkan jika ingin boncengan.

Tangki dicat warna putih sesuai keinginan Eka yang memang suka hal yang bersih. Tapi oleh Diwa diberikan sedikit aksen yaitu corak seperti terkena percikan semen.

Yamaha Scorpio Cafe Racer Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Cafe Racer

"Filosofinya karena Eka selalu berhubungan dengan pekerjaan sipil, maka saya tambahkan corak seakanakan motor tersebut ketumpahan semen tapi secara acak," kata Diwa.

Baca juga: Yamaha Scorpio Custom, Kombinasi Scrambler dengan Cafe Racer

Sedangkan urusan komponen dan aksesori diserahkan kepada Eka yang mendapat masukan dari Diwa. Untuk memperkekar kaki-kaki, suspensi depan milik Yamaha Byson dan belakang dari Suzuki Shogun.

Yamaha Scorpio Cafe Racer Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Cafe Racer

Untuk mengejar kesan clean, Diwa membuang box filter sehingga bagian tengah motor jadi kosong melompong. Adapun akinya dibuat di bagian bawah dengan kabel tersembunyi di dalam rangka.

Untuk penerangan, lampu depan pakai LED Daymaker dan belakangnya model strip. Untuk detail bisa kita lihat motor ini cukup minimalis tapi tetap menonjolkan aura modern," kata Diwa.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X