GIICOMVEC Abaikan Instruksi Pemprov DKI Jakarta, Terkait Corona

Kompas.com - 05/03/2020, 07:12 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PMPTSP), mengeluarkan instruksi untuk menghentikan sementara penyelenggaraan kegiatan atau acara (event) yang menimbulkan pengumpulan banyak orang.

Kepala Dinas PMPTSP, Benni Agus Candra menyatakan, kebijakan ini merupakan tindak lanjut Instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020, tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disesase (COVID-19) di Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam instruksi Kepala Dinas PMPTSP Nomor 27 Tahun 2020, tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penlularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

Benni menyatakan, instruksi turunan ini merupakan upaya mencegah risiko penyebaran virus corona pascapengumuman Indonesia dinyatakan positif terjangkit wabah tersebut, Senin (2/3/2020).

"Melaksanakan penghentian sementara layanan perizinan dan non perizinan secara manual dan elektronik yang terkait penyelenggaraan kegiatan atau acara (event) yang menimbulkan pengumpulan banyak orang," kata Benni dalam instruksi tertanggal 3 Maret 2020 itu.

Merebaknya virus corona di Indonesia, membuat sejumlah penyelenggaraan kegiatan pengumpulan orang banyak, terutama di Ibu Kota, jadi gamang.

Terkait sektor otomotif nasional, paling dekat adalah diselenggarakannya pameran khusus kendaraan niagaGaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, dihelat mulai Rabu (5/3/2020).

Meski risiko tinggi penularan virus corona serta ada instruksi pemerintah provinsi DKI Jakarta, pameran ini tetap bergulir, dilaksanakan sesuai jadwal, di Jakarta Convention Center (JCC), Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, 5-8 Maret 2020.

Baca juga: Virus Corona Masuk Indonesia, IIMS 2020 Masih Sesuai Jadwal

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Menanggapi pameran kendaraan niaga ini, Kompas.com mencoba meminta keterangan langsung dari Direktur Seven Event (penyelenggara pameran) Romi, Rabu (4/3/2020). Namun, sampai berita ini ditayangkan, belum ada tanggapan dari pihak terkait. 

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesisa (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, jika pameran akan terus berlangsung.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X