Pilih Moge Jadul yang Cocok Dijadikan Motor Custom

Kompas.com - 10/02/2020, 10:02 WIB
Yamaha XS650 KOMPAS.com/GilangYamaha XS650

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun motor custom dengan basis moge tua atau jadul banyak dilakukan para pecinta otomotif. Sebab, selain harga moge yang tidak terlalu mahal, juga ada beberapa kelebihan yang dimiliki.

Andi Akbar, builder dari Katros Garage, sudah membangun motor custom dengan berbagai basis, termasuk moge. Menurutnya, ada beberapa moge jadul yang cocok untuk dijadikan motor custom dengan gaya tertentu.

Baca juga: 5 Pilihan Moge Murah, Di Bawah Rp 100 Juta

Kawasaki ER-6n sudah berubah wujud sebagai Street Racer.Istimewa Kawasaki ER-6n sudah berubah wujud sebagai Street Racer.

1. Kawasaki ER-6n
Untuk motor custom bergaya neo, klasik tapi agak futuristik, seperti neo cafe racer, neo tracker, dan lainnya, pria yang akrab disapa Atenk tersebut merekomendasikan Kawasaki ER-6n.

"Sebab, harganya hanya Rp 70 jutaan, motornya kencang, dan dimensinya besar. Tapi, kelemahannya adalah biasanya motor bekasnya itu selalu ada yang bermasalah. Entah mesinnya atau kelistrikannya, tergantung yang menjual. Selain itu, suaranya tidak terlalu stereo untuk ukuran motor 650 cc," ujar Atenk, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sport naked Honda CB400 dengan tampilan cafe racer.Istimewa Sport naked Honda CB400 dengan tampilan cafe racer.

2. Honda CB400
Untuk motor custom dengan model klasik, seperti cafe racer atau tracker, menurutnya banyak yang menggunakan basis CB400. Harganya lumayan murah, sekitar Rp 30 jutaan, tapi tidak ada surat-surat.

"Kalau surat-surat lengkap, mungkin sekitar Rp 50 jutaan sampai Rp 60 jutaan. Pada dasarnya, motor ini mau dijadikan apa saja tetap bagus. Suara yang dihasilkan knalpotnya juga bagus. Tapi, kelemahannya adalah kebanyakan yang jual motor ini tidak dilengkapi surat-surat," kata Atenk.

Baca juga: Lebih Banyak Pilihan, Pilihan 13 Moge di Bawah Rp 170 Juta

Atenk menambahkan kekurangan lainnya, yaitu kalau bagian mesinnya bermasalah, susah mencari bengkel umum yang mengerti mesin CB400. Lalu, meskipun mesinnya 400 cc, tapi tenaganya kurang.

Boardtracker Yamaha XS650Stanly/Otomania Boardtracker Yamaha XS650

3. Yamaha XS650
Untuk motor custom dengan gaya chopper, boardtracker, atau yang menggunakan sasis custom, basis yang direkomendasikan adalah XS650. Menurut Atenk, motornya lumayan banyak beredar di Indonesia dan mesinnya juga tidak rumit.

"Aslinya masih pakai platina, tapi sudah banyak juga sekarang yang diubah ke CDI. Bengkel umum yang mengerti mesinnya juga tidak sulit mencarinya, begitu pula dengan suku cadangnya," ujar Atenk.

Menurut Atenk, kelemahan XS650 juga biasanya tidak ada surat-surat. Sebab, kebanyakan dijual hanya mesinnya saja, bukan motor utuh. Selain itu, biaya untuk membangunnya juga lebih mahal, karena modalnya hanya mesin saja. Harga mesinnya sekitar Rp 25 jutaan sampai Rp 35 jutaan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X