Isuzu Panther Gaya Anak Kuliahan, Tenaga Melonjak Drastis

Kompas.com - 03/03/2020, 18:01 WIB
Tampilan depan Isuzu Panther Modifikasi GridOto.comTampilan depan Isuzu Panther Modifikasi
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Era kejayaan Isuzu Panther memang sudah lewat, tapi legenda mobil diesel ini tetap fenomenal. Apalagi pada kejadian banjir Januari lalu, video Panther yang viral saat mampu menerjang banjir membuat banyak orang berdecak kagum.

Mobil diesel ini ternyata juga menarik perhatian Aldo Iskandar, pemilik Panther asal Jakarta yang masih duduk di bangku kuliah.

Lewat beberapa ubahan, Panther miliknya bisa dibuat makin kencang ketimbang standarnya.

“Ini Panther tipe LV tahun 2014. Waktu itu beli dari baru, tapi sejak beberapa tahun terakhir saya mulai modifikasi. Konsepnya seperti Innova-Innova yang suka dipakai buat drag, jadi modifikasinya banyak di performa mesin,” ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui akhir pekan lalu.

Baca juga: Skutik Bongsor Bekas, NMAX atau PCX yang Cepat Laku?

Tampilan Isuzu Panther modifikasiGridOto.com Tampilan Isuzu Panther modifikasi

Di atas kertas, Panther aslinya bertenaga 78 dk dan torsi 191 Nm. Namun berdasarkan pengakuan Aldo, mobilnya berhasil mencapai 170 dk. Hal ini bisa terjadi lantaran Aldo telah memodifikasi bagian turbo.

Meski masih standar namun beberapa komponennya telah diganti. Tak lupa, bagian intercooler juga ikut diubah menyesuaikan dengan spek turbo.

“Boost diatur 1,2 bar supaya lebih enak saja, konsumsi BBM juga enggak boros, masih bisa dapat 12 km per liter pakai solar busuk. Soalnya mobil sebetulnya dipakai harian, buat ngampus,” ucap Aldo.

Baca juga: Mana yang Motor Bekasnya Gampang Dijual, CBR250RR, R25 atau Ninja 250?

Knalpot Isuzu Panther modifikasiGridOto.com Knalpot Isuzu Panther modifikasi

“Dalaman mesin masih orisinal, cuma karena turbo sudah di-upgrade, jadi minimal intercooler harus mengimbangi. Jauh lebih enak sekarang dibanding waktu awal-awal, tarikannya lebih asik,” katanya.

Selain beberapa ubahan di sekitar komponen mesin, Aldo turut mengganti saluran gas buang dengan downpipe berdiameter 3 inci, serta pipa berukuran 2 inci. Sementara kanlpotnya memakai replika Flowmaster.

Masih di sekitar bagian kolong, kaki-kaki Panther milik Aldo turut disesuaikan untuk mengimbangi performa mesin yang telah dimodifikasi.

Baca juga: Simak Dahulu Ini, Sebelum Sebelum Ganti Wiper Mobil

Pelek Isuzu Panther modifikasiGridOto.com Pelek Isuzu Panther modifikasi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X