Hadapi Jalan Berlubang, Kondisi Ban Serep Harus Siap Pakai

Kompas.com - 02/03/2020, 18:02 WIB
Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang. KOMPAS.com/M ZAENUDDINPengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasca hujan dan banjir yang terjadi di Jakarta belakangan ini, kondisi jalan lansung berubah. Beberapa titik yang kemarin sempat banjir, saat ini menjadi berlubang dan mengancam keselamatan pengguna kendaraan.

Bukan cuma di jalan umum, lubang bahkan kerap ditemui di jalan tol. Hal ini sangat berbahaya, terutama saat dilewati dengan kecepatan tinggi.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, lubang di jalan bisa saja menggores permukaan dan dinding ban hingga menyebabkan bocor atau kempis.

Baca juga: Mobil Terlaris Januari 2020, Brio Kejar Avanza, Xpander Tertinggal

Suspensi Mitsubishi Xpander punya performa yang baik dibanding rival sekelasnyaAFH Suspensi Mitsubishi Xpander punya performa yang baik dibanding rival sekelasnya

Dalam kondisi seperti ini, ban serep akan sangat diandalkan. Dengan begitu, ban mobil bisa segera diganti dan perjalanan bisa segera dilanjutkan.

“Makanya ban serep harus lebih diperhatikan, terutama ban serep yang posisinya berada di luar atau kolong mobil,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena berada di kolong, ban serep rentan terkena air hujan hingga kotoran dari jalan. Belum lagi jika pelek masih terbuat dari besi yang dapat menimbulkan karat.

Baca juga: Ingat, Lampu Hazard Bukan Indikator Jalan Lurus di Persimpangan!

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.

Menurutnya, sesekali ban serep perlu dikeluarkan untuk dibersihkan dan diberi tambahan udara. Perawatan ban serep diperlukan agar selalu siap digunakan dalam kondisi darurat.

“Perawatan ban serep dengan dicuci bersih dan pastikan tekanan udara dilebihkan dari ukuran standarnya, lebihkan sekitar lima psi, agar saat hendak dipakai tidak kempis,” kata Deni.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X