Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Mulai Hadir di Jawa Timur

Kompas.com - 02/03/2020, 14:44 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN secara resmi meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di wilayah Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020).

General Manager PLN UID Jatim Bob Saril dalam keterangan tertulisnya menyatakan, hal tersebut guna mendukung program pemerintah untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Ini sesuai dengan amanat Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"Ini merupakan upaya PLN untuk memanfaatkan listrik dalam kegiatan sehari-hari dan mendorong industri yang bersifat low cost, sehingga kendaraan listrik akan semakin banyak penggunaannya," ujarnya, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Salah Satu Kendala Mobil Listrik, Minim SPKLU

General Manager PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jawa Timur Bob Saril (kanan) mencoba mengisi ulang bahan bakar di mobil listrik Tesla saat peresmian stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang berada di kantor PT Perusahaan Listrik Negara Wungu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). PT PLN Distribusi Jawa Timur membangun SPKLU untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik nasional.Istimewa General Manager PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jawa Timur Bob Saril (kanan) mencoba mengisi ulang bahan bakar di mobil listrik Tesla saat peresmian stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang berada di kantor PT Perusahaan Listrik Negara Wungu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). PT PLN Distribusi Jawa Timur membangun SPKLU untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik nasional.

Adapun SPKLU tersebut berlokasi di Kantor PLN ULP (Unit Pelayanan Pelanggan) Embong Wungu, Jalan Dr. Soetomo No 42, Surabaya. Bagi para pemilik kendaraan listrik di wilayah itu, kini bisa memanfaatkannya.

Bob menjelaskan, SPKLU tersedia untuk medium charging atau pengecasan dengan waktu sedang (tidak cepat maupun tak terlalu lambat).

"PLN akan terus mendukung program pemerintah dalam upaya mengurangi polusi yang dihasilkan dari kendaraan BBM. Salah satunya melalui penyediaan SPKLU sesuai dengan tingkat demand per lokasi di Indonesia," kata dia.

"Hal ini juga sebagai komitmen mendukung electrifying lifestyle untuk diterapkan di Tanah Air," lanjut Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com