Harga Suku Cadang Yamaha RX-King Tembus Jutaan Rupiah

Kompas.com - 29/02/2020, 16:32 WIB
Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta Kompas.com/DonnyYamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, tren yang berkembang di antara sepeda motor klasik adalah motor standar atau orisinil, termasuk pada Yamaha RX-King. Untuk itu, banyak yang mulai berburu suku cadang orisinil motor 2-tak tersebut.

Imam Rifa'i, yang membuka toko online Thumank_part dan banyak menjual suku cadang RX-King, mengatakan, ada beberapa bagian dari RX-King yang cukup mahal harga suku cadangnya, mulai dari bagian mesin hingga bodinya.

Baca juga: Cara Gampang Jaga Performa Yamaha RX-King Tetap Awet

"Kalau dari bagian mesin, yang lumayan mahal itu rasio gir. Sedangkan untuk bodi, bagian tangki bahan bakarnya. Tapi, ini berlaku untuk RX-King tahun 2006-2009," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

Imam menambahkan, kalau untuk RX-King lansiran 2003 yang edisi spesial 20th Anniversary, mungkin joknya yang berwarna hitam dengan kombinasi coklat. Menurutnya, beda tahun produksi, bisa beda juga harga suku cadang termahalnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rasio gir itu ada di kisaran Rp 4 jutaan hingga Rp 5 jutaan, itu pun sudah di tangan 'pemain'. Kalau tangki bahan bakar yang baru, sekitar Rp 2,5 jutaan," kata Imam.

Imam melanjutkan, kulit jok edisi spesial harganya bisa mencapai Rp 2,5 jutaan. Untuk satu set jok, harganya bisa sekitar Rp 4,5 jutaan.

Baca juga: Nostalgia Yamaha RX-K, Legenda Sebelum RX-King

Suryadi, anggota King Club Djakarta (KCDj), mengatakan, blok mesin juga cukup mahal harganya. Blok YP2 bisa mencapai Rp 2 jutaan harganya.

"Selain blok mesin, yang sulit dicari dan mahal harganya adalah sticker. Sticker agak susah, kalau memang ada, mahal harganya yang orisinil. Belum lama ini, saya beli sekitar Rp 300.000," ujar pria yang akrab disapa Bacung tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.