Alasan Kenapa Harga Yamaha RX-K dan Suku Cadangnya Mahal

Kompas.com - 29/02/2020, 13:02 WIB
Yamaha RX-K YoutubeYamaha RX-K

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor 2-tak Yamaha cukup banyak yang menjadi legendaris dan diincar kolektor di Indonesia. Selain RX-King Cobra, RX-K juga termasuk motor lawas dengan harga jual sangat tinggi dan sulit ditebak.

Imam Rifa'i, yang membuka toko online Thumank_part dan banyak menjual suku cadang RX-King, mengatakan, harga pasaran RX-K yang sudah jadi atau suku cadangnya selalu sulit ditebak. Sebab, pada umumnya masih New Old Stock (NOS).

Baca juga: Nostalgia Yamaha RX-K, Legenda Sebelum RX-King

"Kalau bangun atau restorasi RX-K, saya jujur angkat tangan. Lebih baik beli yang sudah jadi," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha RX-KKompas.com/Donny Yamaha RX-K

Imam menambahkan, kesulitan dalam merestorasi RX-K adalah harga suku cadangnya. Sebab, onderdilnya bukan lagi dari Yamaha, tapi dari para "pemain" atau pun mafia yang sudah menjadikan ini ladang bisnis.

"Jadi, memang orang-orang yang tadinya hanya hobi dengan motornya, lama-lama berburu ke bengkel-bengkel lawas. Dengan memiliki sejumlah uang, lalu memborong dan menyimpannya di gudang. Seketika motornya mulai tren atau banyak dicari, baru diiklankan suku cadangnya untuk meraih untung yang berkali-kali lipat," kata Imam.

Baca juga: Cara Gampang Jaga Performa Yamaha RX-King Tetap Awet

Imam melanjutkan, RX-K itu ibaratnya bukan hanya orang kaya saja bisa memilikinya. Tapi, orang yang benar-benar hobi dan punya keberanian untuk mencari suku cadang yang dibutuhkan.

Yamaha RX-K Yamaha RX-K

RX-K menjadi motor klasik yang cukup langka karena waktu peredarannya yang cukup singkat.

Motor 2-tak ini pertama kali diperkenalkan pada 1980 dan dihentikan penjualannya pada 1983. Motor ini didatangkan langsung dari Jepang status Completely Built Up (CBU).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X