Nissan Pastikan Layanan Purnajual Datsun Berjalan Normal

Kompas.com - 29/02/2020, 07:42 WIB
Datsun akan mengakhiri produksinya di Indonesia mulai Januari 2020. Stanley RavelDatsun akan mengakhiri produksinya di Indonesia mulai Januari 2020.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Simpang siur kabar soal Datsun di Indonesia akhirnya terjawab. Nissan secara resmi menghentikan penjualan Datsun di Indonesia sejak Januari 2020.

Meski begitu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia masih memberikan layanan purnajual bagi produk-produk Datsun.

Hana Maharani, Head of Communication NMI, mengatakan, perusahaan sedang merencanakan optimalisasi yang meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produk.

Baca juga: Kata Yamaha soal Harga RX-King Bekas yang Makin Mahal

Diler Nissan DatsunFoto: Istimewa Diler Nissan Datsun

"Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia," ujar Hana dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (28/2/2020).

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Nissan melakukan sejumlah langkah yang memastikan pertumbuhan perusahaan di masa depan. Salah satunya dengan melakukan lokalisasi mesin New Livina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, menurut Hana perusahaan juga akan mengembangkan core model dengan meluncurkan kendaraan elektrifikasi, yaitu Nissan Leaf dan e-Power di Indonesia.

Baca juga: Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK dan BPKB

Datsun Go  Community Indonesia (DGCI) berkumpul di Taman Santap Rumah Kayu, Tangerang, Minggu (1/3/2015). Datsun Go Community Indonesia (DGCI) Datsun Go Community Indonesia (DGCI) berkumpul di Taman Santap Rumah Kayu, Tangerang, Minggu (1/3/2015).

Untuk diketahui, pada Januari yang lalu, penjualan Datsun secara wholesales mencatat angka 226 unit. Dengan rincian model Go sebanyak 150 unit, Go+ 64 unit, dan Go Live 12 unit.

Sedangkan Datsun Cross yang meluncur awal 2018, namanya sudah tak muncul di data penjualan Gaikindo Januari 2020.

Artinya, secara umum Datsun hanya mampu bertahan sekitar 6 tahun di Indonesia, sejak terlahir kembali pada 2014.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.