UD Trucks Klaim Produknya Aman Tenggak Solar B30

Kompas.com - 26/02/2020, 16:41 WIB
Astra UD Trucks tawarkan Kuzer di segmen truk ringan Kompas.com/Setyo AdiAstra UD Trucks tawarkan Kuzer di segmen truk ringan
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Biosolar 30 alias B30 sudah mulai dipasarkan di jaringan pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina. Meski begitu tak sedikit yang mengeluhkan performa B30, baik pengguna diesel pribadi maupun logistik.

Salah satu yang dicermati ialah durasi pakai filter. Kandungan B30 lebih kotor dari solar biasa sehingga filter harus kerja lebih keras untuk menyaring. Adapun pada diesel memakai dua filter, sehingga kalau sering ganti akan berpengaruh pada biaya perawatan.

Baca juga: Isuzu dan UD Trucks Mulai Persiapkan Solar B30

Meski demikian, Aloysius Chrisnoadhi, Direktur Marketing dan After Sales Service PT UD Astra Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya tidak khawatir soal isu tersebut sebab UD Trucks sudah melakukan ubahan pada desain filter lama agar lebih kuat.

UD Trucks Extra Mile Challenge 2020KOMPAS.com/Gilang UD Trucks Extra Mile Challenge 2020

"Kita malah ikut terlibat dalam program pengetesan B30, dan lolos. Hanya ganti filter saja selesai. Desainnya diubah, hasilnya tetap sama (filter) 10.000 km. Cuma filter saja, yang lain semisal tangki, saluran BBM, injektor dari awal kita sudah tidak punya isu," katanya di BSD, Tangerang, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Mengaku Aman Tenggak B20, UD Trucks Bersiap dengan B30

Chris panggilannya, mengatakan, setelah mengubah desain filter maka tidak ada masalah jika menggunakan B30. Sebelumnya Chris mengatakan, usia pakai filter lama dan baru juga tidak berbeda jauh.

"Kalau awalnya seinget saya memang berbeda tapi tidak banyak. Mungkin antara 8.000 km - 9.000 km. Jadi sebenarnya tidak terlalu pengaruh banyak. Kalau vendor saya tidak jawab, yang pasti desainnya baru," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X