Jangan Asal Tambah Oli, Bisa Bikin Mesin Jebol

Kompas.com - 25/02/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil http://www.jupitergaragesheffield.co.ukIlustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Oli pada mesin mempunyai fungsi yang sangat vital dalam menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima. Pelumas berfungsi untuk mencegah terjadinya gesekan antar komponen di dalam jantung pacu.

Di samping itu, juga untuk melakukan pendinginan dalam jantung paci dan penggunaannya oli mesin pada kendaraan bisa saja berkurang.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai adanya kebocoran hingga penguapan yang terjadi karena panas.

Saat volume oli berkurang inilah kadang pemilik kendaraan tidak langsung melakukan pengecekan atau melakukan penggantian oli.

Melainkan justru melakukan penambahan oli mesin. Harapannya, volume yang berkurang bisa digantikan dengan oli yang baru ditambahkan.

Padahal, perilaku tersebut bisa saja berdampak pada kinerja komponen mesin. Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, sebenarnya untuk penambahan oli tidak masalah selama penambahan volumenya sesuai.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Jangan Semprot Angin Kompresor, Ini Efeknya

Untuk mengetahui volume oli pada mesin, bisa dilihat dari dipstick oli yang ada pada bagian depan atau ruang mesin.

Pelumas kendaraanwww.netwaste.org.au Pelumas kendaraan

“Kalau kebanyakan (penambahannya) harus di tap sesuai maksimum yang tertera di dipstick olinya, kalau sampai kelebihan bisa menyebabkan oli berlebih,” kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Jika hal itu terjadi, lanjut Didi akan menyebabkan kinerja mesin akan menjadi lebih berat. Kondisi ini turut berdampak pada konsumsi bahan bakar mobil dan tentunya akan menjadi lebih boros dari sebelumnya.

“Efeknya bisa bisa overrunning adalah mesin menahan putaran roda yang berlebih sehingga mesin tertahan dan bahayanya mesin bisa jebol,” ucapnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X