Brio Satya Laris Manis, Honda Bicara Mobil Murah 7 Penumpang

Kompas.com - 21/02/2020, 18:41 WIB
All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018 STANLY RAVELAll new Honda Brio Satya di GIIAS 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio Satya sukses memimpin pasar mobil murah ramah lingkungan alias LCGC di Indonesia.

Bahkan pada 2019 lalu, mobil besutan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini berhasil mencatat rekor penjualan baru dengan angka 54.861 unit atau meningkat 35 persen dibandingkan 2018.

Tak hanya itu, pada awal 2020 lalu, Brio Satya juga kembali menyumbang kontribusi besar bagi penjualan Honda secara nasional, dengan jumlah 4.348 unit. Pencapaian tersebut meningkat 20 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 lalu.

Lantas apakah dengan perolehan tersebut nantinya Honda akan kembali mengembangkan produk LCGC lain, terutama di segmen tujuh penumpang.

Hal ini mengingat peraihan positif pada dua kompetitornya, yakni Toyota dan Daihatsu, justru diraih oleh model LCGC tujuh penumpang, yakni Calya dan Sigra.

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Baca juga: Ini Arti Emblem RS di Mobil Honda, Banyak yang Kecele

Menjawab hal ini, Business Innovation and Sales Marketing Director PT HPM Yusak Billy, menjelaskan belum ada rencana untuk mengembangkan LCGC 7 penumpang di Indonesia meski secara proyeksi pasarnya cukup baik.

"LCGC 7-seater itu bagus ya. Sekarang ini kami masih nomor satu di segmen dua baru untuk Brio secara wholesales ya," ucap Billy kepada media, Rabu (19/2/2020).

Mengenal logo Honda RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mengenal logo Honda RS

"Kami lihat dari skala prioritasnya lah, konsumen itu butuhnya apa dan pasarnya maunya apa. Sepertinya bukan itu (LCGC 7-seater)," kata dia.

Honda mengawali 2020 dengan penjualan sebanyak 12.603 unit, atau naik tiga persen dibandingkan periode yang sama pada 2019. Kontribusinya terbesar ditopang oleh lima produk andalannya.

Baca juga: Geber Honda Civic Hatchback RS, Tak Sulit Sentuh 100 Kpj

Setelah Brio Satya pada urutan pertama, posisi kedua ditempati oleh Honda HR-V 1.5L yang sepanjang Januari lalu berhasil membukukan penjualan sebanyak 2.329 unit.

Mengenal logo Honda RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mengenal logo Honda RS

Posisi ketiga disusul oleh Mobilio dengan penjualan 1.735 unit atau naik 18 persen dari bulan yang sama tahun lalu. Setelah itu Brio RS dengan jumlah 1.297 unit, dan Honda Jazz sebanyak 1.158 unit.

"Sementara ini belum ada pembahasan soal LCGC 7 penumpang, tapi secara pasar LCGC itu memang pasar yang menarik. Untuk target penjualan tahun ini, Honda sama dengan tahun lalu, paling tidak kita mempertahankan market share," ujar Billy.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X