Buat Pemula, Ini 5 Langkah Mengoperasikan Motor Kopling yang Benar

Kompas.com - 21/02/2020, 13:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor batangan atau disebut ''motor laki'' biasanya memakai kopling manual. Cara mengoperasikannya pun berbeda dengan skutik dan bebek, karena harus menekan tuas kopling saat pindah gigi.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, buat pemula yang memakai motor kopling harus mengerti penggunaan kopling di motor.

Baca juga: Ingat, saat Isi Bensin Harus Turun dan Matikan Mesin Motor

Tes ride Yamaha R15 di SentulOtomania/Setyo Adi Tes ride Yamaha R15 di Sentul

Tuas kopling pada sepeda motor terletak di bagian kiri setang. Kopling berfungsi untuk memutus dan menyambung putaran mesin menuju transmisi, dan memudahkan saat pindah gigi.

Bukan hanya pemula, tak jarang yang sudah bisa memakai motor kopling masih kerap melakukan kesalahan, seperti jari tangan yang selalu stanby pada tuas kopling, atau menarik kopling saat berbelok.

Baca juga: Yamaha RZR, Pionir Motor Full Fairing Pabrikan Garpu Tala

"Padahal cara tersebut membuat sepeda motor menjadi los sehingga keseimbangannya menjadi sulit," kata Agus kepada Kompas.com, yang dimintai keterangan, Jumat (21/2/2020).

Untuk pemula ada lima langkah pengoperasian motor kopling. Berikut caranya:

- Engine on dengan posisi gigi netral
- Tarik tuas kopling
- Pindahkan persneling ke posisi 1
- Putar gas secara perlahan
- Buka kopling secara perlahan hingga sepeda motor berjalan, jika mesin sudah limit pindahkan ke posisi gigi 2 dan selanjutnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.