Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Brio Satya Laris Manis, Honda Bicara Mobil Murah 7 Penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio Satya sukses memimpin pasar mobil murah ramah lingkungan alias LCGC di Indonesia.

Bahkan pada 2019 lalu, mobil besutan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini berhasil mencatat rekor penjualan baru dengan angka 54.861 unit atau meningkat 35 persen dibandingkan 2018.

Tak hanya itu, pada awal 2020 lalu, Brio Satya juga kembali menyumbang kontribusi besar bagi penjualan Honda secara nasional, dengan jumlah 4.348 unit. Pencapaian tersebut meningkat 20 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 lalu.

Lantas apakah dengan perolehan tersebut nantinya Honda akan kembali mengembangkan produk LCGC lain, terutama di segmen tujuh penumpang.

Hal ini mengingat peraihan positif pada dua kompetitornya, yakni Toyota dan Daihatsu, justru diraih oleh model LCGC tujuh penumpang, yakni Calya dan Sigra.

Menjawab hal ini, Business Innovation and Sales Marketing Director PT HPM Yusak Billy, menjelaskan belum ada rencana untuk mengembangkan LCGC 7 penumpang di Indonesia meski secara proyeksi pasarnya cukup baik.

"LCGC 7-seater itu bagus ya. Sekarang ini kami masih nomor satu di segmen dua baru untuk Brio secara wholesales ya," ucap Billy kepada media, Rabu (19/2/2020).

"Kami lihat dari skala prioritasnya lah, konsumen itu butuhnya apa dan pasarnya maunya apa. Sepertinya bukan itu (LCGC 7-seater)," kata dia.

Honda mengawali 2020 dengan penjualan sebanyak 12.603 unit, atau naik tiga persen dibandingkan periode yang sama pada 2019. Kontribusinya terbesar ditopang oleh lima produk andalannya.

Setelah Brio Satya pada urutan pertama, posisi kedua ditempati oleh Honda HR-V 1.5L yang sepanjang Januari lalu berhasil membukukan penjualan sebanyak 2.329 unit.

Posisi ketiga disusul oleh Mobilio dengan penjualan 1.735 unit atau naik 18 persen dari bulan yang sama tahun lalu. Setelah itu Brio RS dengan jumlah 1.297 unit, dan Honda Jazz sebanyak 1.158 unit.

"Sementara ini belum ada pembahasan soal LCGC 7 penumpang, tapi secara pasar LCGC itu memang pasar yang menarik. Untuk target penjualan tahun ini, Honda sama dengan tahun lalu, paling tidak kita mempertahankan market share," ujar Billy.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/21/184100315/brio-satya-laris-manis-honda-bicara-mobil-murah-7-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke