Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda Hapus Dua Varian Civic Hatchback dengan Versi RS

Kompas.com - 20/02/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi merilis Civic Hatchback RS di Indonesia, awal Februari 2020. Mobil bergenre sport ini, diklaim langsung mendapat sambutan positif setelah meluncur.

Seperti diketahui, kemunculan Civic Hatchback RS tak hanya menyajikan tampilan mobil yang lebih agresif, tapi juga sekaligus melengserkan dua varian yang sebelumnya dijual, yakni E dan S.

Artinya, saat ini hanya ada Civic Hatchback RS yang dipasarkan dengan banderol Rp 499 juta. Lalu apa alasan Honda memangkas varian E dan S dari keluarga Civic Hatchback.

Baca juga: Daftar Harga Honda Civic Estilo Seken, Tembus Rp 250 Jutaan

Menjelaskan soal ini, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM Yusak Billy, mengatakan, keputusan ini dilakukan tak lepas dari hasil survei yang mengenai karakteristik konsumennya di segmen hatchback.

Honda Civic Hatchback RSHPM Honda Civic Hatchback RS

"Jadi hatchback Honda itu kan ada dua, Jazz dan Civic. Secara penjualan Jazz itu komposisinya 97 persen yang tipe RS, ada tendensi hatchback itu ke arah sporty, jadi kedua model Civic sebelumnya, kita combine jadikan satu ke RS," kata Billy kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Billy menjelaskan, secara profil, konsumen Civic Hatchback lebih ke mereka yang memang menyukai mobil dengan karakter sporty yang kuat, dinamis, dan mengerti mana brand yang bagus.

Honda Civic Hatchback RS saat dijajal media, Rabu (19/2/2020)Kompas.com / Stanly Honda Civic Hatchback RS saat dijajal media, Rabu (19/2/2020)

Dengan latar belakang itu, akhirnya Honda melekatkan status RS pada Civic Hatchback. Ubahan pada sektor eksterior juga tidak hanya melalui penyematan aero kit, tapi dengan beberapa sentuhan baru lainnya yang mendongkrak kesan agersifnya.

"RS itu memiliki arti Road Sailing yang masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari tapi looks-nya sporty," ujar Billy.

Sejak meluncur pada 6 Februari, Honda sudah mengantongi 92 unit pemesanan Civic Hatchback RS. Mayoritas konsumennya masih didominasi dari kawasan Jabodetabek.

Baca juga: Reaksi Honda Setelah SUV Murah Suzuki XL7 Meluncur

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Billy mengatakan, angka tersebut menjadi sinyal positif lantaran target penjualannya dalam satu bulan sebesar 150 unit. Angka ini lebih tinggi 20 unit dari kedua versi Civic Hatchback sebelumnya.

"Satu bulan kita targetkan 150 unit, sampai akhir tahun nanti kita harapkan bisa diangka 1.800 unit untuk Civic Hatchback RS ini saja," kata Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com