Impor Mobil dari China Dicegah IPCC Karena Virus Corona

Kompas.com - 20/02/2020, 15:22 WIB
Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia diparkir di dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESMobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia diparkir di dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) bekerja sama dengan Kepala Kantor Kesehatan Kelas I Tanjung Priok menggelar Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan virus Corona.

Hal ini dilakukan sebagai upaya IPCC yang berada di garda terdepan dalam kegiatan ekspor dan impor barang, khususnya CBU (completely built up) kendaraan bermotor. Dalam kegiatan operasional, IPCC langsung berinteraksi dengan kapal-kapal asing.

Direktur Utama IPCC, Ade Hartono mengatakan, pihaknya selalu menerapkan standar operasional prosedur (SOP) dan sesuai dengan ketentuan dalam melakukan kegiatan operasional, khususnya dalam penanganan barang atau CBU impor.

Baca juga: Beijing Motor Show 2020 Batal Akibat Virus Corona

Petugas memeriksa mobil Toyota Fortuner produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang akan diekspor melalui dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Petugas memeriksa mobil Toyota Fortuner produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang akan diekspor melalui dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

“Namun, pemahaman terkait antisipasi pencegahan dan penanggulangan virus corona sangat diperlukan oleh seluruh petugas yang terlibat dalam kegiatan operasional,” ujarnya dalam siaran resmi, Kamis (20/2/2020).

Dalam kegiatan ini, IPCC menghadirkan dr. Jepri Hasuruan Sitorus. M.Kes selaku Kepala Kantor Kesehatan Kelas 1 Tanjung Priok sebagai pembicara, penyuluhan ini di gelar dalam rangka mengisi bulan K3 nasional.

Acara ini juga dihadiri oleh seluruh direksi dan karyawan serta mitra di lingkungan PT IKT Tbk untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang sesuatu yang sedang dihadapi yaitu tentang virus corona.

Lebih lanjut, Ade mengimbau dan meminta seluruh karyawan dan mitra yang hadir, untuk terus berpartisipasi aktif dalam mencegah penyebaran virus corona COVID-19 agar tidak masuk ke Indonesia, terutama melalui IPCC.

Baca juga: Ekspor Mobil Buatan Indonesia Naik 25 Persen Selama 2019

Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.ISTIMEWA Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.

Sebelumnya, selama lebih dari sebulan penyebaran virus corona membuat sektor otomotif terdampak, terutama pada rantai pasok suku cadang.

Direktur Astra international (ASII) Suparno Djasmin menyebut kemunculan wabah mematikan ini cukup mempengaruhi penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Sebab, China merupakan salah satu rantai pasok suku cadang besar untuk otomotif global.

"Pelanggan dan diler harus dikasih tahu, kalau gara-gara virus corona ini menyebabkan suplai sparepart terganggu. Kita tidak tahu kapan selesainya, mungkin kalau ada yang mau beli mobil, sekarang waktu yang tepat," katanya sembari tertawa di Tangerang, Rabu (19/2/2020).

Meski demikian, hingga saat ini belum ada pengaruh signifikan dari virus corona terhadap bisnis otomotif di dalam negeri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X