Ini Perbedaan Teknis SUV Murah Suzuki XL7 dengan Ertiga

Kompas.com - 15/02/2020, 14:22 WIB
Suzuki XL7 Stanly-Kompas.comSuzuki XL7
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya secara resmi meluncurkan XL7. Low SUV ini diketahui mengusung basis yang serupa dengan Low MPV Ertiga.

Kedua mobil menggunakan sasis modern yang bernama Heartect. Teknologi ini memungkinkan bobot rangka mobil bisa lebih ringan sekitar 10 persen dibanding sasis standar dengan dimensi yang sama.

Walaupun menggunakan basis yang sama, XL7 ternyata memiliki sejumlah perbedaan teknis dengan Ertiga.

Baca juga: Harga Resmi SUV Murah XL7 Lebih Terjangkau dari Honda BR-V

 

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan spesifikasi teknis XL7 dengan Ertiga agak berbeda. Secara detail, kedua mobil memiliki 211 komponen yang berbeda.

“Sebagai contoh, walaupun secara kasat mata tidak kelihatan, tapi desain tangki bahan bakarnya berbeda,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta (15/2/2020).

Di samping itu, karena diperuntukkan sebagai Low SUV yang lebih tangguh dan bisa mengakomodir berbagai kebutuhan, XL7 juga mendapat penyesuaian di bagian kaki-kaki.

Baca juga: SUV Murah Suzuki XL7 Resmi Mengaspal di Indonesia

 

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Seperti diketahui, ground clearance Ertiga dari spek teknisnya setinggi 180 mm. Sedangkan XL7 ternyata lebih tinggi, mencapai 200 mm.

Perbedaan profil ban sepertinya juga mempengaruhi ground clearance kedua mobil. Dari data speknya, XL7 mengusung ban berukuran 195/60 R16, sementara Ertiga 185/65 R15.

“Kaki-kaki juga di-tune lagi sehingga sesuai dengan kebutuhan sebagai SUV. Jadi secara overall sudah kami pikirkan,” kata Dony.

Baca juga: SUV Murah 7 Penumpang, Suzuki XL7 Terinspirasi Grand Escudo

 

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

“Selain itu, BCM (Body Control Module) dan ECU kedua mobil ini sangat berbeda. Milik XL7 kami ganti BCM dan ECU-nya,” ucapnya.

Dari dimensinya kedua mobil juga berbeda. XL7 berukuran 4.450 mm x mm x 1.710 mm (PxLxT). Sementara Ertiga 4.395 mm x 1.735 x 1.690 mm (PxLxT).

Sedangkan urusan dapur pacu, kedua mobil ini mengusung mesin yang sama. Yaitu mesin K15B 1.462 cc bertenaga 104 ps dan torsi 138 Nm.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X