Siang Ini, SUV Murah Suzuki XL7 Resmi Lahir di Indonesia

Kompas.com - 15/02/2020, 06:12 WIB
Suzuki XL7 yang ditemui KOMPAS.com disalah satu diler Suzuki. KOMPAS.comSuzuki XL7 yang ditemui KOMPAS.com disalah satu diler Suzuki.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan low sport utility vehicle (LSUV) XL7 siang ini (15/2/2020) di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Berdasarkan bocoran yang diterima Kompas.com, SUV murah itu hadir dalam tiga varian, yaitu Zeta, Beta, dan Alpha. Adapun perkiraan harganya mulai dari Rp 230 juta sampai Rp 267 juta on the road DKI Jakarta.

Jika membandingkan dengan produk yang sudah ada di pasar, segmentasi dan harga dari XL7 akan bersaing langsung dengan Daihatsu Terios, Toyota Rush, Honda BR-V, sampai Mitsubishi Xpander Cross.

Baca juga: Tersedia 8 Pilihan Warna, Suzuki XL7 Sudah Bisa Dipesan

Suzuki XL7 yang ditemui KOMPAS.com disalah satu diler Suzuki.KOMPAS.com Suzuki XL7 yang ditemui KOMPAS.com disalah satu diler Suzuki.

Bahkan, tak menutup kemungkinan mobil ini 'menyenggol' saudaranya yaitu SX4 S-Cross dan Ertiga yang berbagi platform denga. XL7.

Suzuki XL7 sebenarnya sudah lebih dulu meluncur di India. Namun di sana, mobil memiliki nama Maruti XL6 yang artinya, konfigurasi kursi mobil adalah 2+2+2 atau untuk 6-penumpang.

Sementara di Indonesia, Suzuki merubah konfigurasi kursi mobil menjadi 2+3+2 yang berarti mampu menampung 7-orang (XL7).

Baca juga: Isi Segmen LSUV, Apa Bedanya Suzuki XL7 dengan S-Cross?

Suzuki XL7 terpantau mulai diangkut truk kontainer untuk dikirim ke sejumlah diler.Instagram/@indra_fathan Suzuki XL7 terpantau mulai diangkut truk kontainer untuk dikirim ke sejumlah diler.

Dilihat dari spesifikasi untuk pasar India, model ini sama dengan Ertiga yang berbekal mesin bensin 1,5 liter empat silinder berkode K15B. Di atas kertas, tenaganya mencapai 103 hp dan torsi 138 Nm. Untuk sistem transmisi, bisa dipastikan tersedia pilihan manual dan otomatis konvensional.

"Kami akan memperkenalkan beberapa produk baru tahun ini, beberapa di antarnya bergenre SUV. Lihat saja pada pekan depan (Sabtu, 15/2/2020)," kata Head of Marketing 4W PT SIS Donny Saputra di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Persaingan Harga

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Seperti yang telah beredar sebelumnya, Suzuki menjajakan XL7 dengan tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Masing-masing varian memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis dengan mesin K15B yang sama dengan Ertiga.

XL7 Zeta yang menjadi varian terendah dipasarkan dengan banderol Rp 230 juta untuk manual dan Rp 240,5 juta untuk transmisi otomatis.

Sedangkan Beta yang berada di varian tengah, dibanderol Rp 246,5 juta untuk manual dan Rp 257 juta untuk matik.

Untuk varian tertinggi, yakni XL7 Alpha yang memiliki opsi warna two tone dan fitur terlengkap dipasarkan dengan harga Rp 256,5 juta untuk manual dan Rp 267 juta untuk transmisi otomatis.

Melihat dari kisaran harga yang ditawarkan, XL7 varian bawah dengan transmisi matik sebenarnya lebih mahal dibandingkan Daihatsu Terios X AT Deluxe yang dipasarkan hanya Rp 228,3 juta. Namun, XL7 menjadi pilihan menarik dibandingkan Honda BR-V.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Something is Coming. Info terkini mengenai Suzuki, klik link di bio. #Suzuki #SuzukiIndonesia #YourGear

A post shared by Suzuki Indonesia (@suzuki_id) on Feb 5, 2020 at 12:00am PST

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X