Usai Pertamina, Harga BBM Shell dan Total Turun, Siapa Paling Murah?

Kompas.com - 14/02/2020, 10:56 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Shell dan Total memutuskan untuk kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) di Februari 2020. Adapun penurunannya terpantau sampai Rp 2.000 per liter.

Vice External Relation Shell Rhea Sianipar menyatakan bahwa penyesuaian harga ini dilakukan usai perusahaan memperhitungkan banyak faktor seperti harga minyak dunia, kondisi lokal, dan juga faktor logistik.

"Pada awal tahun kita sempat melakukan penyesuaian, saat ini kembali disesuaikan agar bisa menyediakan BBM yang aman dan berkualitas tinggi, serta menjangkau konsumen," katanya di keterangan tertulis, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mematikan AC Bikin Irit BBM?

 

Ilustrasi SPBUTRIBUNNEWS/HERUDIN Ilustrasi SPBU

Penyesuaian harga ini sebenarnya lebih dulu dilakukan PT Pertamina (Persero) Tbk untuk produk Pertamax Series pada 10 Februari lalu.

Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas'ud Khamid mengatakan hal itu sesuai dengan ketentuan pemerintah. Tepatnya, Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019.

Berikut daftar harga BBM Pertamina, Shell, dan Total di Jabodetabek usai dilakukan penyesuaian per 14 Februari 2020:

Pertamina

Pertalite: Rp 7.650
Pertamax: Rp 9.000
Pertamax Turbo: Rp 9.850
Dexlite: Rp 9.500

Shell

Regular: Rp 9.075
Super: Rp 9.125
V-Power: Rp 9.650
Diesel: Rp 10.225

Total

Performance 90: Rp 9.075
Performance 92: Rp 9.125
Performance 95: Rp 9.650
Performance Diesel: Rp 10.150

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.