Begini Cara Bikin Harga Mobil Bekas Banjir Tetap Tinggi

Kompas.com - 07/02/2020, 12:12 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi Jalan Gunung Sahari Raya, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (17/1/2014). Hujan lebat yang mengguyur Jakarta sejak pagi, membuat jalan tersebut tergenang dan diperparah sistem drainase yang kurang baik. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHASejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi Jalan Gunung Sahari Raya, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (17/1/2014). Hujan lebat yang mengguyur Jakarta sejak pagi, membuat jalan tersebut tergenang dan diperparah sistem drainase yang kurang baik.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pedagang mobil bekas kebanyakan bakal menolak mobil yang pernah terdampak banjir. Sebab selain sulit untuk dijual kembali, harga mobil bekas tersebut akan dihargai di bawah harga pasaran.

Untuk mengakalinya, pemilik mobil harus memperbaiki dulu mobil yang terdampak banjir. Perbaikan harus dilakukan secara menyeluruh, untuk menyamarkan sisa-sisa banjir.

Jika air sampai merendam interiornya, artinya komponen-komponen di dalam harus dicopot dan dikeringkan semua.

Baca juga: Rush Kedatangan Penantang Baru Suzuki XL7, Ini Jawaban Toyota

Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiranKompas.com/Dio Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran

Kalau sampai masuk ke dalam mesin, artinya mesin harus dicek, ganti oli dan cairan mesin lainnya agar kinerjanya kembali normal.

“Kalau langsung dijual dalam keadaan masih bau apek, mobil masih rusak, tentu harganya anjlok. Harus kita perbaiki dulu,” ujar Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, kepada Kompas.com (6/2/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya perbaikan interior akan memakan waktu lama, sebab bagian ini cukup detil dan butuh panas yang cukup untuk mengeringkan komponen yang basah.

Baca juga: Pangkas 2 Varian, Honda Luncurkan Civic Hatchback RS

Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.dok. Bengkel Brum-Fendryss Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.

“Setelah diperbaiki, coba dipakai. Bisa sekalian quality control, apakah perbaikan pasca banjir yang dilakukan sudah baik atau belum, jok dan karpet masih bau apek tidak,” katanya.

“Meski tidak akan 100 persen kembali normal, tapi perbaikan pasca banjir lumayan bikin bekas banjir tersamarkan. Ujung-ujungnya harga jual mobil lumayan terdongkrak,” ucap Herjanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.