Pahami Arti Lambang di Panel Indikator Mobil

Kompas.com - 30/01/2020, 11:32 WIB
Indikator tampil di panel meter Honda Accord sebagai peringatan kepada pengemudi KompasOtomotif - AFHIndikator tampil di panel meter Honda Accord sebagai peringatan kepada pengemudi
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Setiap kendaraan roda empat pastinya menempatkan sejumlah panel indikator di dasbor dan meter cluster. Biasanya semakin canggih mobil, maka jumlah indikator juga akan semakin beragam.

Keberadaan setiap indikator tersebut mempunyai beragam fungsi yang cukup penting. Paling utama, yaitu untuk memberikan informasi kepada pengemudi, terkait kondisi mobilnya.

Sehingga, seorang sopir bisa memastikan kondisi mobilnya sudah aman saat akan digunakan. Indikator yang terlihat pada meter cluster seperti sabuk pengaman, oli, aki, dan juga beragam lainnya.

Berikut beragam indikator yang wajib diketahui oleh seorang pengendara

Indikator gambar Aki

indikator pada mobilvenomsmotor.blogspot.com indikator pada mobil

Indikator ini memberikan informasi kepada pengendara bahwa terjadi permasalahan pada aki. Beberapa kemungkinan bisa terjadi jika indikator aki pada dasbor menyala.

Seperti arus yang tidak mau mengisi aki atau terjadi permasalahan lainnya. Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, jika indikator gambar aki menyala maka terjadi beberapa hal.

“Ada permasalahan pada pengisian arus, atau bisa juga aki tidak mau mengisi. Lebih baik periksakan ke bengkel jika indikator aki tersebut menyala,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan?

Indikator sabuk pengaman ( safety belt)

seat beltwww.otosay.com seat belt

Saat berkendara menggunakan mobil diwajibkan menggunakan sabuk pengaman. Pada mobil-mobil keluaran terbaru juga menghadirkan indikator sabuk pengaman.

Indikator ini akan menyala jika ada pengemudi maupun penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman. Tidak hanya itu kadang ada nada pemberitahuan jika sabuk pengaman tidak segera dikenakan.

Notifikasi ini akan terus menyala sampai sabuk pengaman digunakan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X