Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan?

Kompas.com - 30/01/2020, 06:50 WIB
Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak. ISTIMEWAEkspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi sepeda motor terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman, termasuk saat memanaskan mesin. Jika motor keluaran dulu butuh waktu beberapa menit, beda dengan sekarang hanya perlu dua hingga tiga menit saja.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), pada dasarnya setiap mesin tetap butuh dipanaskan sebelum mulai dibawa jalan, tetapi untuk mesin zaman sekarang tidak perlu lagi lama-lama lagi.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Menyalakan Motor Injeksi dengan Benar?

"Mesin apapun harusnya dilakukan warm up. Hanya untuk motor injeksi mungkin hanya butuh 2-3 menit saja disertai snapping throttle beberapa kali, cukup," katanya, kepada KOMPAS.com, Rabu (29/1/2020).

Pada motor injeksi, indikator akan menyala dan speedometer akan naik ketika kontak diposisikan on. Dalam posisi ini, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin.Fachri Fachrudin Pada motor injeksi, indikator akan menyala dan speedometer akan naik ketika kontak diposisikan on. Dalam posisi ini, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat menambahkan, fungsi memanaskan motor ialah memastikan sistem pelumasan sudah berkerja dengan baik.

"Diamkan mesin dalam keadaan stasioner/langsam selama 1-2 menit sebelum dikendarai agar pelumasan sudah merata sebelum motor tersebut dikendarai. Ada pemotor yang biasanya start langsung tancap gas, sebenarnya kurang baik untuk kondisi motor," katanya.

Baca juga: Motor Listrik Tidak Sepenuhnya Bebas Perawatan

Khusus untuk motor injeksi, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Cahaya Sakti Motor Sragen Joko Purnomo mengatakan, saat menyalakan mesin sebaiknya menunggu sampai lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) mati.

Ilustrasi kick starteryoutube.com Ilustrasi kick starter

Lampu MIL bakal menyala beberapa detik setelah kunci kontak diputar. Lampu MIL punya fungsi cukup penting karena berfungsi untuk memberitahu apakah ada kerusakan pada sistem motor injeksi.

Jika tidak ditemukan adanya kerusakan pada kendaraan biasanya lampu MIL akan langsung mati kembali. Tetapi, jika kendaraan mengalami permasalahan maka lampu MIL akan menunjukkan tanda berupa kedipan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.