Apakah Kunci Immobilizer Bisa Diduplikasi Secara Bebas?

Kompas.com - 26/01/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam car from japanIlustrasi kunci mobil tertinggal di dalam

JAKARTA, KOMPAS.com - Immobilizer saat ini bisa dikategorikan sebagai sistem yang canggih dan andal untuk mencegah terjadinya pencurian mobil.

Mesin mobil hanya akan menyala jika kode transmisi pada kunci, sesuai dengan kode yang terdapat pada mobil. Jika kode transmisi pada kunci tidak cocok, maka mesin mobil tidak akan menyala.

Baca juga: Ini Fungsi Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Lalu, apakah kunci immobilizer dapat diduplikasi secara bebas?

Anjar Rusjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan kunci immobilizer hanya bisa diduplikat di diler resmi.

Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizerKompasOtomotif - AFH Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizer

Baca juga: Jangan Remehkan Gantungan Pelat pada Kunci Mobil Baru

“Immobilizer memang diciptakan sebagi tambahan fitur anti-maling, jadi walaupun kunci sudah diduplikat dan silindernya pas dengan lubang kunci yang ada pada mobil. Kalau transpoter chip tidak mengirim signal ke mobilnya, mesin mobil tidak akan mau nyala,” ujar Anjar.

Senada dengan Anjar, Didi Ahyadi Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor menjelaskan, immobilizer sudah menjadi sistem keamanan tertinggi pada mobil. Sehingga mobil tidak akan bisa dicuri dengan mudah.

“Ketika kunci immobilizer diduplikasi, kunci tersebut mungkin akan pas namun tetap tidak akan bisa distarter, mesin tidak akan hidup. Karena untuk menduplikasi kunci tersebut ada kode-kode yang memang hanya diketahui oleh diler resmi” ujar Didi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X