Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Motor Listrik Termurah di Indonesia, Cuma Rp 16 Jutaan

Kompas.com - 24/01/2020, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pabrikan di Indonesia sudah mulai banyak yang menjual sepeda motor listrik. Merek dan modelnya pun sangat beragam, sehingga masyarakat memiliki opsi ketika berminat untuk membeli.

Deretan motor listrik tersebut antara lain, Gesits, BF Goodrich, Viar Q1, dan Selis E-Max. Di antara empat motor listrik tersebut, yang harga jualnya paling terjangkau atau paling murah adalah Selis E-Max, yaitu Rp 16.990.000 (OTR Jakarta).

Baca juga: Selis Mulai Bidik Pasar Motor Listrik Indonesia

Meskipun dimensinya terlihat mungil, tapi E-Max diklaim mampu menopang beban pengendara hingga 200 kg. Segi pencahayaan, skutik listrik ini sudah membekali semuanya dengan lampu LED, mulai dari lampu depan, lampu sein, dan lampu belakang.

Selis E-Max Selis E-Max

Selanjutnya, bagian kaki-kaki, E-Max dibekali suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda. Sedangkan bannya, menggunakan ukuran ring 10.

Spesifikasi baterainya sendiri memiliki kapasitas 60 V 20 Ah. Baterai tersebut diklaim mampu membuat E-Max menjelajah hingga 40 km, dalam keadaan penuh.

Baca juga: Membandingkan Skuter Listrik Viar Q1, Gesits dan Selis E-Max

Sedangkan kecepatan maksimumnya, disebutkan dalam data spesifikasi yang dikeluarkan Selis, mampu mencapai 50 kilometer per jam. Untuk mengimbangi kecepatannya, sistem pengereman depan dan belakang sudah menggunakan rem cakram.

Penjualan Gesits di IIMS 2019 Penjualan Gesits di IIMS 2019

Untuk menunjang keamanan, E-Max dilengkapi remote yang dapat mengaktifkan alarm. Selain itu, remote ini juga berfungsi untuk menghidupkan motor. Jadi, tidak perlu memutar kunci kontak alias keyless.

Baca juga: 3 Motor Bekas yang Tidak Dilirik Pembeli

Sementara itu, untuk harga motor listrik merek lain seperti Gesits dijual mulai Rp 24 jutaan. BF Goodrich dibanderol Rp 19 jutaan, dan terakhir Viar Q1 dilepas Rp 18,9 jutaan. Semuanya berstatus setelah pajak atau on the road DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com