Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Roda Tiga Selis, Dipesan Ratusan Unit

Kompas.com - 21/11/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Masyarakat sempat dihebohkan oleh beredarnya foto-foto kendaraan listrik roda tiga. Jika sebelumnya foto kebanyakan berasal dari luar Jakarta, baru-baru ini penampakannya di jalan Ibu Kota.

Dari foto-foto yang beredar, diketahui kalau produk tersebut bermerek Selis dengan nama model Balis. Produk tersebut juga ternyata sudah diperkenalkan di pameran Gaikindo Agustus 2017 lalu di BSD, Tagerang.

Berkesempatan bertemu dengan Wilson Teoh, Direktur Operasi Selis dan menanyakan soal Balis, dirinya mengatakan kalau pemesanannya saat ini sudah mencapai seratus lebih. Namun pengirimannya masih sekitar 80-an unit.

“Angka kisaran penjualan tersebut dikumpulkan sejak pertama kali diperkenalkan di ajang GIIAS 2017. Peminatnya cukup banyak, bahkan sampai saat ini inden di rata-rata satu bulan,” ujar Wilson kepada KompasOtomotif, Senin (20/11/2017).

Posisi pengecasan ada di bagian belakang.Ghulam/KompasOtomotif Posisi pengecasan ada di bagian belakang.

Baca juga : Beli Motor Listrik Roda Tiga Selis, Enggak Bisa Kredit

Wilson menambahkan, kalau pemesanan sendiri paling banyak di wilayah Bali dengan kontribusi sampai 30 persenan. Sementara sisanya terbagi di wilayah lain, terutama di pulau Jawa.

“Kebanyakan ada di Bali, kemudian ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Jabodetabek. Sampai saat ini kebanyakan pembeliannya masih bersifat private atau pribadi, belum ke arah armada perusahaan,” ujar Wilson.

Balis sendiri dijual dengan harga off the road Rp 35 juta, dan seperti yang dikatakan Wilson, belum termasuk ongkos pengiriman jika memang jarak tempuhnya jauh tentunya. Soal spesifikasi, Balis dibekali motor berkapasitas 1.500 watt, dengan baterai 50 ampere dengan input 220 volt. 

Jika baterai terisi penuh, Balis mampu menempuh jarak sejauh 50 hingga 60 km. Pengisian baterai dari nol membutuhkan waktu enam sampai delapan jam. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com