Fungsi Tonjolan Hitam di Bagian Belakang CVT Skutik Honda

Kompas.com - 17/01/2020, 09:22 WIB
mesin honda genio https://tmcblog.com/wp-content/uploads/2019/06/Honda-Genio-025.jpgmesin honda genio

JAKARTA, KOMPAS.com – Mesin baru skuter matik ( skutik) 110 cc Honda yang awalnya terpasang di Honda Genio sekarang sudah terpasang di "adik" barunya, yaitu All New Honda BeAT. Mesin CVT dari Honda memiliki tonjolan hitam pada bagian belakang dari CVT dan posisinya dekat dengan suspensi belakang.

Sebenarnya apa fungsi dari tonjolan tersebut?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, tonjolan hitam tersebut berfungsi sebagai pelindung sensor kecepatan di ban belakang.

Baca juga: Honda BeAT 2020 Masih 110 cc, Mungkinkah Naik Kelas ke 125 cc?

gigi transmisi skutikFathan gigi transmisi skutik

“Fungsinya sebagai cover dari speed sensor yang ada di bagian belakang motor,” kata Endro kepada Kompas.com pada Kamis (16/1/2020).

Fungsi dari sensor kecepatan yang pertama yaitu untuk menginformasikan kecepatan kendaraan. Fungsi selanjutnya yaitu untuk syarat dari kerjanya Idling Start Stop (ISS) pada skutik Honda.

“Peletakan speed sensor di belakang karena yang dibaca oleh sensor adalah gigi transmisi, dan letaknya ada di belakang CVT, dekat roda belakang. Untuk motor yang tidak ISS tetap ada speed sensor-nya,” ucap Endro.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X