Kata Suzuki Soal Ertiga XL7 di Indonesia

Kompas.com - 15/01/2020, 08:42 WIB
Suzuki XL6, Ertiga SUV Suzuki XL6, Ertiga SUV
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski belum membuka keran informasi, namun sudah banyak kabar yang mengatakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal meluncurkan Ertiga versi crossover atau perpaduan sport utility vehicle ( SUV) pada Februari mendatang. Apalagi foto-fotonya juga sudah beredar di dunia maya.

Bila dilihat sekilas, bentuknya memang tak berbeda dengan XL6 di India. Namun seperti yang sudah diketahui, nantinya untuk pasar Indonesia Suzuki bakal mengadopsi nama XL7.

Lalu bila benar-benar diluncurkan, apakah nantinya XL7 akan bermain di segmen yang sama dengan Ertiga, yakni low multi purpose vehicle alias MPV murah.

Menjawab hal ini, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel, mengatakan, XL7 beda segmen dengan Ertiga yang ada sekarang ini.

Baca juga: Bocoran Jadwal Peluncuran Suzuki Ertiga Versi SUV, XL7

"Jika memang nantinya masuk Indonesia, XL7 segmennya akan beda dengan Ertiga karena itu (XL7) termasuk LSUV," ucap Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel, kepada Kompas.com, Selasa (14/1/2020).

Suzuki XL6, Eritiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Eritiga SUV meluncur di India

Bila melihat dari perawakan XL6 yang sudah lebih dulu meluncur di India, memang ada sedikit perbedaan. Meski menggunakan basis Ertiga, tapi proposisi bentuknya dibuat menyerupai SUV kompak.

Desain juga dirancang sedikit kaku, terutama di bagian depan. Paling signifikan dari kaki-kaki yang dibuat jangkung sehingga menghasilkan ground clearance yang lebih tinggi dari Ertiga.

Baca juga: Tanda-tanda Toyota Innova Baru Akan Meluncur di Indonesia

Tak sampai itu saja, Harold juga menjelaskan bila XL7 diluncurkan, Suzuki berharap bisa menambah daftar konsumen baru. Artinya, tidak hanya mengandalkan konsumen pindahan dari Ertiga saja.

Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India

"Kalau jadi diluncurkan kami ingin bisa menambah segmen konsumen dari Suzuki, artinya ada konsumen baru. Tapi bila ditanya apakah ada kanibalisme, itu bisa saja terjadi karena kalau dilihat antara pasar LSUV dan LMPV itu selisih harganya tidak teralu jauh," ucap Harold.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X