Pertolongan Pertama pada Mobil Matik yang Terendam Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 08:22 WIB
Jeep Rubicon terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Jeep Rubicon terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit mobil di daerah Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Khusus untuk para pemilik mobil matik atau dengan transmisi otomatis, perlu penanganan tepat agar kondisi mobil tidak semakin parah.

Hermas Prabowo, teknisi ahli di Worner Matic, bengkel spesialis matik, mengatakan, jika penanganannya tepat dan tidak terlambat, mobil yang terendam banjir bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.

Baca juga: Kenapa Mobil Mesin Diesel Lebih Kuat Terjang Banjir daripada Bensin?

"Langkah pertama adalah menggeser tuas transmisi ke N dengan menekan shift lock. Selanjutnya, tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Sebab, makin lama terendam, potensi kerusakan semakin parah," ujar Hermas, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dampak banjir yang disebabkan oleh proyek kereta api cepat di Kampung Lebaksari, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Banjir terjadi karena aliran Sungai Ciburandul dibelokkan untuk kepentingan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA Dampak banjir yang disebabkan oleh proyek kereta api cepat di Kampung Lebaksari, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Banjir terjadi karena aliran Sungai Ciburandul dibelokkan untuk kepentingan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Hermas menambahkan, jangan sekali-sekali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun, hanya sesaat atau coba-coba. Jangan lupa melakukan jumper pada aki.

"Lepas konektor aki di kutub negatif. Tujuannya untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan," kata Hermas.

Tombol Overdrive di mobil matik konvensional Tombol Overdrive di mobil matik konvensional

Menurut Hermas, langkah-langkah tersebut bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada mobil matik yang terendam banjir. Selanjutnya, sebaiknya diserahkan pada bengkel atau mekanik profesional.

Baca juga: Cara Deteksi Interior Mobil Bekas yang Pernah Kena Banjir

"Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri. Mobil matik sepenuhnya dikendalikan oleh sistem elektrik. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah," ujar Hermas.

Segera panggil mobil derek dan bawa ke bengkel terpercaya. Hindari pengerjaan di rumah, karena keterbatasan alat, seperti kompresor angin, alat kelistrikan, dan scan tool, akan membuat hasil kerja tidak maksimal.

Tips Menerjang Banjir, Matikan Mesin Jika Mulai Terasa Pincang

Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari.AGUS SUSANTO/KOMPAS Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari.

Menerobos banjir sangat tidak disarankan, namun jika terpaksa ada beberapa saran dari ahli agar mobil tidak mengalami kerusakan fatal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X