Cara Deteksi Interior Mobil Bekas yang Pernah Kena Banjir

Kompas.com - 02/01/2020, 12:22 WIB
Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan. dok. Bengkel Brum-FendryssMobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat peristiwa banjir terjadi, banyak mobil yang menderita kerusakan. Tak jarang pemilik tidak mau repot dan langsung menjual kendaraannya.

Calon pembeli mobil bekas pun harus pintar-pintar memilih, jangan sampai mendapat unit bekas banjir. Sebab mobil bekas yang pernah kena banjir lebih banyak memberikan kerugian.

Mobil bekas yang pernah kena banjir cepat atau lambat butuh biaya untuk mengganti komponen yang rusak,” ujar Herjanto Kosasih, Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, kepada Kompas.com (2/1/2020).

Baca juga: Wajib Periksa Komponen Ini Usai Mobil Kebanjiran

Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiranKompas.com/Dio Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran

“Memang secara unit pasti lebih murah, tapi harus siapkan dana untuk perbaikan masalah ke depannya,” katanya.

Menurutnya, deteksi mobil bekas banjir paling mudah dengan melihat interiornya. Apabila pernah terendam, mobil bekas banjir pasti ada bekas bau apek.

Selain itu, periksa juga bagia panel-panel pintu, sudut-sudut kabin, dan bagian bawah dasbor mobil serta karpet. Lihat apakah terdapat bekas endapan lumpur atau kotoran di bagian tersebut.

Mobil bekas banjir pasti tercium dari aromanya, cek juga bagian dasar lantai, bagian sudut-sudutnya apakah ada karat atau tidak. Selain itu kalau jok masih dari bahan fabric, biasanya terlihat ada noda air mengering, bisa jadi indikasi mobil pernah terendam banjir,” ucap Herjanto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X