Banyak Mobil Parkir di Atas Rel, Ini Kata Dishub Kota Solo

Kompas.com - 31/12/2019, 08:12 WIB
Sejumlah mobil nekat parkir di atas perlintasan kereta api di Jalan Mayor Sunaryo, Solo, Jawa Tengah. Ari PurnomoSejumlah mobil nekat parkir di atas perlintasan kereta api di Jalan Mayor Sunaryo, Solo, Jawa Tengah.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Dinas Perhubungan ( Dishub) Kota Solo, memastikan bahwa para pemilik mobil yang parkir di atas rel kereta api di Jalan Mayor Sunaryo atas inisiatif sendiri. Selama ini tidak ada petugas parkir resmi yang mengatur atau mengarahkan mobil agar parkir di atas rel kereta api.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Solo Ari Wibowo menjelaskan, para pemilik mobil tersebut memang ingin praktis saat berbelanja. Masyarakat memarkirkan mobilnya di dekat lokasi atau pusat perbelanjaan.

Baca juga: Parkir di Atas Rel, Pemilik Mobil Hanya Ingin Praktis

“Mereka hanya melihat tempat praktis saja. Atau mungkin tempat parkir sering kali kurang, sehingga mereka nekat parkir di atas rel kereta api,” ujar Ari saat ditemui KOMPAS.com, Senin (30/12/2019).

Mobil parkir di atas perlintasan kereta api di Solo, Jawa Tengah.Ari Purnomo Mobil parkir di atas perlintasan kereta api di Solo, Jawa Tengah.

Ari menambahkan, di kawasan tersebut tidak ada juru parkir yang sengaja mengarahkan para pemilik mobil agar parkir di atas rel. Jika ada pemilik mobil yang mengaku diarahkan oleh juru parkir pihaknya meminta agar ditunjukkan sosok juru parkir tersebut.

“Saya yakin di sana tidak ada juru parkir resmi saya yakin tidak ada. Bahkan, masyarakat pun saya yakin sudah sering mengimbau agar jangan parkir di atas. Kalau ada juru parkir pasti kita cari orangnya,” ucap Ari.

Disinggung mengenai keberadaan rambu-rambu di kawasan tersebut, Ari menyampaikan, bahwa keberadaan rambu sudah cukup banyak. Tidak hanya mengenai larangan berhenti atau parkir, tetapi juga rambu yang lainnya.

Baca juga: Alasan Produsen Mobil Tidak Gunakan Lampu Rem Kelap-kelip

“Rambu sudah ada dan cukup banyak. Misalkan ada marka, rambu pemberitahuan derek, kalau sampai parkir akan diderek. Sudah semuanya lengkap,” ucapnya.

Mengenai keberadaan petugas di lapangan, Ari menyampaikan, saat ini pihaknya mempunyai lima personel yang diterjunkan untuk memantau kondisi di lapangan.

Hanya saja, jumlah personel tersebut tidak hanya terfokus pada satu titik saja seperti di Jalan Mayor Sunaryo.

Kereta api Bathara Kresna jurusan Purwosari-Wonogiri melintas di perlintasan di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.Ari Purnomo Kereta api Bathara Kresna jurusan Purwosari-Wonogiri melintas di perlintasan di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

“Sebenarnya personel yang kita siagakan sudah ada lima orang. Tetapi itu kan mengawasi atau berpatroli ke sejumlah titik dan tidak hanya satu lokasi saja. Kalau hanya mengawasi satu lokasi nanti titik yang lain tidak terpantau,” katanya.

Ari juga terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak memarkir mobilnya di atas rel kereta api. Mengingat, jalur tersebut masih aktif untuk kereta api Bathara Kresna.

Baca juga: Parkir di Atas Perlintasan Rel Kereta, Mobil Ini Digeser Paksa

Sehingga, jika sewaktu-waktu kereta api melintas bisa mengganggu perjalanan kereta api. Selain itu, parkir di atas perlintasan kereta api juga melanggar Undang-Undang nomor 23 tahun 2017 tentang perkeretaapian.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X