Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengendarai Mobil Saat Hujan Jangan Matikan AC, Ini Fungsinya

Kompas.com - 28/12/2019, 09:02 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengendarai mobil yang utama adalah memastikan keamanan jarak pandang. Tetapi, bagaimana halnya jika tiba-tiba hujan turun dan membuat kaca mobil menjadi berembun.

Kondisi ini tentunya berbahaya karena bisa mengurangi jarak pandang seorang pengemudi. Apalagi saat berkendara di malam hari dan minim penerangan jalan.

Selama ini ternyata masih banyak pengemudi yang kurang paham atau belum tahu bagaimana cara menghilangkan embun pada kaca di saat hujan turun. Padahal, untuk menghilangkan embun pada kaca tersebut cukup mudah.

Baca juga: Kaca Mobil Jamuran? Ini Jurus Penangkalnya

Embun yang menutup kaca mobil tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu antara udara di kabin dan di luar. Di mana suhu di luar kabin saat hujan lebih dingin dibandingkan dengan di kabin.

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil
Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok, Deni Andrian, kepada KOMPAS.com, belum lama ini. 

Kata Deni, salah satu langkah tepat untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menyalakan sistem penyejuk udara atau air conditioner (AC).

“Tujuannya agar kaca mobil tidak berembun. Sebab embun di kaca mobil dianggap bisa mengganggu jarak pandang,” kata Deni.

Baca juga: Jangan Lupa, Ban Serep Juga Perlu Dirawat

Maka dari itu, Deni pun menyarankan kepada pemilik mobil agar tetap menyalakan AC saat hujan. Dengan menyalakan AC maka embun akan hilang dengan sendirinya. Meskipun membuka kaca, perbedaan suhu yang jauh antara kedua ruangan membuat embun sulit hilang.

"Kalau tidak akan berembun karena ada perbedaan suhu antara di dalam dengan luar kendaraan," katanya.

Fungsi DefoggerStanly/Otomania Fungsi Defogger

Baca juga: Hindari Pengemudi dengan 7 Perilaku yang Berbahaya di Tol

“Tentu saja tidak perlu sampai posisi full. Paling tidak suhunya harus lebih dingin di dalam kendaraan agar kaca tidak berembun," kata Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com