Mitos Dampak Sepeda Motor Sering Gonta-ganti Merek Oli

Kompas.com - 25/12/2019, 07:02 WIB
Ganti Oli Motor Foto: RideapartGanti Oli Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepercayaan yang melekat kuat di masyarakat ialah jangan berganti- ganti merek pelumas sepeda motor. Sebab hal tersebut dapat membuat kinerja mesin kurang optimal.

Faktanya, menurut Mia Krishna Anggraini, ex Coordinator Product Development Specialist Pertamina Lubricants, kepercayaan itu terbilang mitos. Pasalnya, teknologi pada pelumas sebetulnya memiliki material relatif sama.

Baca juga: Cara Kuras dan Bilas Oli Mesin di Motor

"Teknologi pelumas mesin motor sebenarnya didasarkan pada beberapa bahan baku aditif dan base oil yang secara kimia relatif bersahabat satu sama lain, sehingga kemungkinan ketidakcocokan sebenarnya relatif kecil," kata Mia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ganti Oli MotorFoto: Shutterstock.com Ganti Oli Motor

Terlihat, setiap produsen motor hampir tidak pernah menyarankan penggunaan merek tertentu. Karena saran yang diberikan lebih kepada spesifikasi oli, hal ini yang lebih penting dipatuhi oleh pemilik motor.

Baca juga: Bahaya Oli Tercampur Air, Sebabkan Mesin Motor Menggelitik

Misalnya produsen motor menganjurkan oli kadar SAE 10-40 maka hal itu yang diterapkan. Jangan menggunakan spesifikasi berbeda seperti memakai kadar SAE 20-40 karena berpengaruh pada kinerja mesin.

Mia mengatakan, berbeda kasusnya dengan teknologi pelumas mesin-mesin industri yang berbasis bahan baku yang cukup variatif. Sehingga jika ingin berganti merek baiknya juga melakukan pembilasan.

"Sehingga pembilasan atau flushing  diperlukan untuk menghindari efek samping ketidakcocokan secara kimiawi," katanya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X