Bahaya Oli Tercampur Air, Sebabkan Mesin Motor Menggelitik

Kompas.com - 24/12/2019, 08:42 WIB
Motor terabas banjir Foto: Motorplus-onlineMotor terabas banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati saat musim hujan. Sebab dikhawatirkan air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli.

"Selalu periksa kondisi motor, jangan sampai air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," kata Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Jangan Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

Oli yang tercampur air membuat mesin tidak sehat. Jika dibiarkan komponen di dalam mesin mudah rusak dan membuat mesin ''rontok'' hingga akhirnya biaya yang dikeluarkan jadi besar.

Oli campur air Foto: Pelicanparts Oli campur air

Ciri-ciri oli yang tercampur air yakni warnanya berubah jadi seperti kopi susu. Kondisi tersebut membuat mesin jadi tidak bekerja maksimal, sebab oli kehilangan fungsi utamanya sebagai pelumas.

Baca juga: Efek Buruk Lalai Ganti Oli Gardan Skutik, Bisa Rugi Ratusan Ribu Rupiah

Oli yang tercampur air juga tidak akan maksimal melumasi dan menahan panas hingga menyebabkan mesin menggelitik atau knocking. Jika sudah begini sebaiknya ganti oli dengan pembilasan total.

"Jika kurang paham dalam melakukan pengecekan tersebut, dan untuk mengecek hal itu dengan cara melakukan pengecekan di bengkel resmi," kata Herman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X