Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kuras dan Bilas Oli Mesin di Motor

Kompas.com - 24/12/2019, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mesin yang terlanjur tercampur air membuat mesin tidak sehat. Jika dibiarkan maka komponen di dalam mesin mudah rusak dan membuat mesin perlahan rontok satu per satu.

Untuk mencegah kondisi makin buruk maka sebaiknya lakukan pembilasan total atau flushing untuk mengganti oli yang rusak. Dengan cara ini mesin kembali sehat karena mendapat ''darah segar.''

Baca juga: Ganggu Kinerja Transmisi, Ini Dua Penyebab Oli Matik Berkurang

Ex Coordinator Product Development Specialist Pertamina Lubricants, Mia Krishna Anggraini, mengatakan, pembilasan pada prinsipnya ialah menguras oli lama dengan oli baru dan berlaku baik untuk mobil atau motor.

Ilustrasi ganti oliOtomania/Setyo Adi Ilustrasi ganti oli

"Caranya oli lama dikuras, kemudian tuangkan oli baru yang berfungsi ssebagai pembilas. Nyalakan mesin sebentar dan buang oli pembilas. Kemudian tuang lagi oli baru sesuai takaran," kata Mia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perhatikan Ini Jika Ingin Isi Oli Honda Genio

Triknya kata Mia, oli lama yang rusak dikuras saat kondisinya dalam keadaan hangat, yang mana diharapkan masih ada efek sirkulasi sehingga kontaminan oli di mesin dalam keadaan relatif homogen.

"Jika sudah dibilas tuangkan pelumas baru sesuai yang akan digunakan. Sesuai spesifikasi mesin dan dengan takaran sebanyak yang sudah ditentukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com