5 Kecelakaan Hingga Kendaraan Masuk Jurang Sepanjang 2019

Kompas.com - 24/12/2019, 16:57 WIB
Kondisi mikrobus nyungseub setelah terjun bebas masuk jurang di Tanjakan Letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa barat, Sabtu (8/9/2018). KOMPAS.com/BUDIYANTOKondisi mikrobus nyungseub setelah terjun bebas masuk jurang di Tanjakan Letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa barat, Sabtu (8/9/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kewaspadaan dan kehati-hatian seorang pengemudi menjadi hal utama untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Terlebih, saat pengemudi melintas di jalanan yang rawan kecelakaan.

Seperti jalan di kawasan pegunungan yang berkelok-kelok. Atau saat melintas di atas kawasan tebing curam.

Jika sampai salah perhitungan, bukan tidak mungkin kecelakaan fatal bisa terjadi. Seperti yang baru saja menimpa bus Sriwijaya.

Bus yang mengangkut puluhan penumpang itu masuk ke jurang saat melintas di rute Palembang-Bengkulu, Senin (23/12/2019). Akibat kejadian itu, korban tewas mencapai 26 orang.

Berikut kecelakaan fatal hingga kendaraan masuk jurang selama 2019

Proses evakuasi korban kecelakaan bus Sriwijaya yang mengalami kecelakaan dii Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Selasa (24/12/2019). Akibat kecelakaan tersebut, 24 orang penumpang dikabarkan meninggal dan 13 orang selamat.HANDOUT/BASARNAS PALEMBANG Proses evakuasi korban kecelakaan bus Sriwijaya yang mengalami kecelakaan dii Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Selasa (24/12/2019). Akibat kecelakaan tersebut, 24 orang penumpang dikabarkan meninggal dan 13 orang selamat.

Bus Sriwijaya masuk jurang 26 orang tewas

Kecelakaan maut terjadi di rute Palembang-Bengkulu, Senin (23/12/2019) malam. Bus Sriwijaya yang mengangkut puluhan penumpang jatuh ke jurang dengan kedalaman lebih kurang 75 meter.

Akibat kejadian itu, sampai saat ini sudah ada 26 penumpang yang dinyatakan meninggal dunia. Sementara belasan penumpang lainnya mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kecelakaan tunggal terjadi saat bus melintas di Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, pukul 23.15 WIB, Senin (23/12/2019) malam. Kecelakaan terjadi di jalan Lintas Pagar Alam-Lahat KM 9.

Baca juga: Bus Sriwijaya, Kado Natal yang Hitam untuk Angkutan Penumpang Indonesia

Bus jenis fuso berplat nomor BD 7031 AU yang dikemudikan Ferry membawa puluhan penumpang. Saat melewati tikungan Lematang, insiden nahas itu terjadi, tepatnya ketika berusaha melewati tikungan.

Bus yang dalam kondisi kecepatan tinggi kemudian menabrak dinding penahan tikungan Lematang Indah. Akibat terjangan tersebut, bus terperosok ke jurang dengan kedalaman sekitar 75 meter.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X