Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kecelakaan Hingga Kendaraan Masuk Jurang Sepanjang 2019

Kompas.com - 24/12/2019, 16:57 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kewaspadaan dan kehati-hatian seorang pengemudi menjadi hal utama untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Terlebih, saat pengemudi melintas di jalanan yang rawan kecelakaan.

Seperti jalan di kawasan pegunungan yang berkelok-kelok. Atau saat melintas di atas kawasan tebing curam.

Jika sampai salah perhitungan, bukan tidak mungkin kecelakaan fatal bisa terjadi. Seperti yang baru saja menimpa bus Sriwijaya.

Bus yang mengangkut puluhan penumpang itu masuk ke jurang saat melintas di rute Palembang-Bengkulu, Senin (23/12/2019). Akibat kejadian itu, korban tewas mencapai 26 orang.

Berikut kecelakaan fatal hingga kendaraan masuk jurang selama 2019

Proses evakuasi korban kecelakaan bus Sriwijaya yang mengalami kecelakaan dii Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Selasa (24/12/2019). Akibat kecelakaan tersebut, 24 orang penumpang dikabarkan meninggal dan 13 orang selamat.HANDOUT/BASARNAS PALEMBANG Proses evakuasi korban kecelakaan bus Sriwijaya yang mengalami kecelakaan dii Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Selasa (24/12/2019). Akibat kecelakaan tersebut, 24 orang penumpang dikabarkan meninggal dan 13 orang selamat.

Bus Sriwijaya masuk jurang 26 orang tewas

Kecelakaan maut terjadi di rute Palembang-Bengkulu, Senin (23/12/2019) malam. Bus Sriwijaya yang mengangkut puluhan penumpang jatuh ke jurang dengan kedalaman lebih kurang 75 meter.

Akibat kejadian itu, sampai saat ini sudah ada 26 penumpang yang dinyatakan meninggal dunia. Sementara belasan penumpang lainnya mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kecelakaan tunggal terjadi saat bus melintas di Liku Lematang, Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, pukul 23.15 WIB, Senin (23/12/2019) malam. Kecelakaan terjadi di jalan Lintas Pagar Alam-Lahat KM 9.

Baca juga: Bus Sriwijaya, Kado Natal yang Hitam untuk Angkutan Penumpang Indonesia

Bus jenis fuso berplat nomor BD 7031 AU yang dikemudikan Ferry membawa puluhan penumpang. Saat melewati tikungan Lematang, insiden nahas itu terjadi, tepatnya ketika berusaha melewati tikungan.

Bus yang dalam kondisi kecepatan tinggi kemudian menabrak dinding penahan tikungan Lematang Indah. Akibat terjangan tersebut, bus terperosok ke jurang dengan kedalaman sekitar 75 meter.

"26 meninggal, 14 luka-luka. Barusan 10 menit yang lalu tambah," ujar Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

Proses evakuasi korban jatuh kejurang di kawasan gunung Guruete, Aceh Jaya, Kamis (06/06/3/2019). Foto dok BPBA Proses evakuasi korban jatuh kejurang di kawasan gunung Guruete, Aceh Jaya, Kamis (06/06/3/2019).

 

Mobil Pickup masuk jurang di Aceh

Kecelakaan mobil masuk jurang juga terjadi di Aceh Juni lalu. Kecelakaan maut ini tepatnya terjadi di gunung Geureutee, Kabupaten Aceh jaya, Kamis (6/6/2019).

Akibat kejadian ini sedikitnya tiga orang meninggal dunia. Kasatlantas Polres Aceh Jaya, Iptu Iswandi menjelaskan mobil bak terbuka bernomor polisi BL 8332 W mengalami kecelakaan dan masuk ke jurang di kawasan KM 65 Desa Babah Ie, Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

“Penumpangnya ada 19 orang ya, 3 di antaranya meninggal dunia, 15 orang luka-luka dan satu lainnya tidak mengalami cedera apapun. Penumpang didominasi anak dan perempuan, sepertinya mau bepergian Lebaran,” ujar Iswandi saat dihubungi, Kamis.

Baca juga: 5 Kecelakaan Fatal Gara-gara Rem Blong

Mobil yang dikemudikan Anzarmi (50), melaju dari arah Calang menuju arah Banda Aceh. Diduga mobil yang melebihi kapasitas ini tidak bisa dikendalikan oleh sopir saat berada di tikungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com