Honda Bantah Berjaya Hanya Karena Faktor Marquez

Kompas.com - 21/12/2019, 08:42 WIB
Marc Marquez kunci gelar juara dunia MotGP kedelapan di sirkuit Buriram Thailand pada hari Minggu (6/10/2019) twitterMarc Marquez kunci gelar juara dunia MotGP kedelapan di sirkuit Buriram Thailand pada hari Minggu (6/10/2019)

SPANYOL, KOMPAS.com - Dalam 18 tahun terakhir ini, Honda berhasil mencetak banyak pebalap dengan gelar juara dunia dibandingkan dengan pabrikan lain. Apalagi, sejak Marc Marquez bergabung.

Meski demikian, Honda menepis anggapan bahwa Honda hanya berjaya karena faktor Marquez semata. Kabar tersebut muncul karena musim 2019 ini, Honda hanya meraih kemenangan dari Marquez saja bukan pebalap lain.

Baca juga: Repsol Honda Belum Yakin Marquez Bisa Fit di Musim Awal MotoGP 2020

Pebalap Honda lainnya yang kompetitif adalah Cal Crutchlow dari tim satelit LCR. Pebalap asal Inggris tersebut menyelesaikan musim 2019 dengan duduk di peringkat kesembilan di klasemen.

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)JOSE JORDAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)

Alberto Puig, Manajer tim Repsol Honda, mengatakan, dalam 18 tahun terakhir ini Honda sudah meraih gelar juara dunia 10 kali, dengan empat pebalap yang berbeda. Sedangkan Yamaha, meraih tujuh gelar dengan dua pebalap. Lalu Ducati, meraih satu gelar dengan satu pebalap.

"Dengan fakta tersebut, kita bisa bilang motor yang paling mudah dikendarai adalah Honda. Sebab, motor ini telah memenangkan kejuaraan dengan banyak pebalap, antara lain Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez," ujar Puig, dikutip dari Crash.net.

Baca juga: Marquez Sebut Quartararo Adalah Ancaman

Puig tidak memperdulikan apa kata orang lain mengenai prestasi tersebut. Menurutnya, performa sebuah tim bukan hanya dari motor atau pebalap saja, tapi seluruh strukturnya.

"Jadi, menurut saya anggapan bahwa Honda hanya menang karena ada Marquez hanyalah sebuah ide saja, bukanlah fakta," kata Puig.

Hanya ada dua pebalap yang pernah mengalahkan Marquez di kelas MotoGP, yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, ketika di musim 2015. Kedua pebalap Yamaha tersebut menyelesaikan musim balap di peringkat pertama dan kedua.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Crash.net
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X