Repsol Honda Belum Yakin Marquez Bisa Fit di Musim Awal MotoGP 2020

Kompas.com - 28/11/2019, 10:02 WIB
Marc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MOHD RASFANMarc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

JEREZ, KOMPAS.com - Marc Marquez terpaksa harus menjalani operasi bahu kanan usai terjatuh pada hari pertama tes pra musim MotoGP 2020 di Jerez, Selasa (26/11/2019).

Menginap di Rumah Sakit Universitari Dexeus-Quiron, pebalap asal Spanyol tersebut dinyatakan mengalami dislokasi parsial di bagian bahu kanan. Padahal, Marquez baru saja melakukan operasi serupa di akhir tahun 2018 lalu untuk bahu kirinya.

Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, mengatakan, pengobatan dan masa pemulihan Marquez akan cukup memakan waktu. Sebab, tim juga meminta agar bahu juara dunia 2019 itu dilakukan pengecekan lebih dalam dan melihat kemungkinan lainnya.

Baca juga: Marc Marquez Jalani Operasi Bahu Kanan

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)JOSE JORDAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)

Sebelumnya, Marquez yakin bahwa keadaannya tidak akan parah. Namun, setelah dilakukan pengecekan awal, kenyataan berkata lain.

"Sebenarnya kami tidak tahu (kapan pulih), dia baru jatuh kemarin dan tentu saja, dia harus memeriksanya. Saya tidak tahu harus berkata apa padamu, karena dia mengalami persoalan dengan otot," kata Puig sebagaimana dilansir MotoGP, Kamis (28/11/2019).

"Saya rasa, dia harus mengecek lebih dalam lagi untuk melihat kemungkinan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Tak Ada Nama Valentino Rossi, Ini Pesaing Marc Marquez pada MotoGP 2020

Alex Marquez resmi bergabung dengan Marc Marquez di Repsol Honda TeamInstagram @box_repsol Alex Marquez resmi bergabung dengan Marc Marquez di Repsol Honda Team

Marquez sebenarnya sudah beberapa kali lakukan konsultasi terhadap berbagai dokter berbeda atas kondisi bahunya usai mengalami beberapa insiden balapan musim 2019.

Ia merasa harus segera dilakukan tindakan karena tidak ingin merasakan kondisi tahun lalu, di mana bahu kirinya terus-terusan merasa sakit yang disebabkan dislokasi di Motegi, Jepang 2018.

"Musim dingin lalu sangat sulit bagi saya saat operasi di bahu kiri. Saya ingin menghindari situasi di mana bahu kanan saya mengalami kondisi itu lagi, jadi saya berbicara banyak dengan para dokter untuk melihat beberapa pilihan," ujar Marquez.

"Di sini (Jerez) saat tes saya mengalami subluksasi lain setelah kecelakaan, jadi kami dengan dokter memutuskan yang terbaik adalah operasi untuk menghindari situasi lain yang berbahaya," kata dia.

Sebagai informasi, persiapan MotoGP musim 2020 akan dilanjutkan dengan tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 7 Februari 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber MotoGP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X