Punya Nama Mirip, Ini Perbedaan Honda Blade dengan Air Blade

Kompas.com - 17/12/2019, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Honda Vietnam resmi meluncurkan Air Blade 150. Di Indonesia, juga ada model motor Honda dengan nama yang serupa, yakni Blade.

Meski begitu, kedua motor ini sangatlah berbeda. Air Blade 150 adalah skuter matik (skutik). Sementara Blade, merupakan motor jenis cub (bebek).

Baca juga: Simak Spesifikasi Honda Air Blade 150, Pesaing Yamaha Aerox 155

Penamaan motor tiap negara memang berbeda-beda, meskipun modelnya sama. Seperti di motor bebek Honda Blade, di Vietnam menggunakan nama Wave RSX FI 110 cc.

Motor tersebut juga masih menggunakan mesin 110 cc, sedangkan di Indonesia kapasitasnya sudah 125 cc.

Meski mesin dan tenaga lebih besar, tapi konsumsi bisa lebih hemat.Agung Kurniawan Meski mesin dan tenaga lebih besar, tapi konsumsi bisa lebih hemat.

Nama Blade juga dipakai pada motor bebek Honda di Vietnam. Namun, Blade di Vietnam merupakan motor yang sama seperti Revo X di Indonesia.

Di Indonesia, Air Blade tidak diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Padahal, Air Blade sudah cukup lama meluncur di Vietnam. Pertama kali diperkenalkan pada 2007, kala itu masih menggunakan mesin berkapasitas 110 cc dan masih menggunakan karburator.

Baca juga: Saingi Yamaha Aerox, Honda Luncurkan Air Blade 150 pop

Baru pada tahun 2009 Air Blade beralih ke injeksi. Di tahun 2012, Honda kembali melakukan perubahan pada Air Blade dengan menaikkan kapasitas mesinnya menjadi 125 cc.

Baru pada model 2020 ini, untuk menjawab tantangan dari para kompetitor, seperti Yamaha NMAX dan Aerox 155, Honda kembali meningkatkan kapasitas mesin Air Blade menjadi 150 cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.