Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pantang Posisinya Disalip Mitsubishi dan Suzuki

Kompas.com - 05/11/2019, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlambatan laju industri otomotif dalam negeri tahun ini, yang tercerminkan dalam total penjualan, membuat pabrikan mengalami masa-masa sulit.

Pasalnya, menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara sampai semester kedua 2019 belum juga menunjukkan tanda-tanda positif.

Meski demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku akan memperkokoh posisinya di peringkat tiga industri otomotif terlaris sepanjang tahun. Pantang disalip Mitsubishi maupun Suzuki yang menempel ketat, tepat berada di bawahnya.

Baca juga: Penjualan Mobil September 2019 Turun, Berikut Model Terlarisnya

 

Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

"Penurunan market (retail) selama Januari-September itu sekitar 12 persen dibanding tahun lalu. Target kami adalah mempertahankan market share di 14 persenan, atau tidak lebih besar dari total presentase penurunan market secara nasional," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (4/11/2019).

"Melihat saat ini, kami optimistis untuk bisa mencapai hal tersebut," katanya lagi.

Artinya, dengan penguasaan pasar tersebut, Honda membidik peringkat tiga secara nasional di bawah Toyota (30,9 persen) dan Daihatsu (17,1 persen) sebagaimana tahun lalu.

Sekaligus, kembali berada di atas Mitsubishi (12,7 persen) dan Suzuki (10 persen).

Baca juga: Daftar Mobil Murah Terlaris Sepanjang September 2019

 

Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019

Jika melihat riwayat penjualan Honda di Tanah Air sepanjang Januari-September 2019, optimisme itu memang memungkinkan.

Terlebih, Mitsubishi Xpander yang jadi 'ancaman' saat ini sudah tidak menikmati masa-masa 'bulan madu' lagi.

Selama bulan kesembilan tahun ini, Xpander mengalami penurunan penjualan yang semula selalu berada di angka 5.000 - 6.000 unit per bulan, sekarang hanya mencetak 4.407 unit. Torehan itu sekaligus membuatnya hilang dari daftar lima mobil terlaris secara bulanan.

Sementara saat ini, HPM sudah mencatatkan penjualan secara retail sebanyak 109.691 unit. Namun jika dibandingkan dengan Toyota yang sudah mencapai angka 239.600 unit, selisihnya masih begitu lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com