Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Lem Aibon, Ini Fungsinya buat Modifikasi Motor

Kompas.com - 31/10/2019, 17:06 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Heboh soal pengadaan lem Aica Aibon oleh Pemprov DKI Jakarta memunculkan ingatan rasa penasaran publik soal lem Aibon. Lem yang sering dipakai oleh para modifikator jok motor.

Seperti disebutkan Andry Herdiyana, pemilik bengkel modifikasi jok motor ksutom, Relaxseat Modification, yang mengatakan, lem jenis HPL (High Pressure Laminated) itu digunakan untuk banyak bagian jok.

Baca juga: Memilih Jok Motor, Sepele tapi Penting dan Aman

"Lem Aibon bisa buat untuk kontruksi busa, jadi busa yang kecil-kecil dilem jadi busa panjang, lem juga buat finishing di bagian bawah dan buat kulit biar nempel," katanya kepada Kompas.com, Kamis (31/10/2019).

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Meski begitu kata Andri, bukan berati hanya lem Aica Aibon saja yang dipakai. Sebab Aica Aibon adalah merek, sedangkan jenisnya sendiri merupakan lem kuning berbagai keperluan dari rumah tangga maupun industri.

Baca juga: Banyak yang Keliru, Ternyata Begini Cara Cuci Jok Motor

Pria yang jok motornya kreasinya sudah dipakai oleh anak Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka itu, mengatakan, di pasar lem Aibon termasuk mahal dibandingkan lem sejenis merek lain.

"Dibanding lem merek lain lem Aibon lebih mahal, termasuk yang paling mahal buat lem sejenis. Bisa dibilang buat lem kuning gitu dia kelas satunya, atau kalau di air mineral seperti Aqua-nya, orang pada tahu," kata Andri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com