Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Kawasaki Z H2, Motor Kencang dengan Supercharged

Kompas.com - 31/10/2019, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Z H2 resmi diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Motor ini mencuri perhatian karena menjadi motor naked terbaru Kawasaki yang dijejali Supercharged.

Secara desain Z H2 mengusung bahasa desain Kawasaki Sugomi. Skema desainnya masih mengikuti Z-Series terutama Z1000 namun dibuat lebih garang yang terpancar dari headlamp yang lebih sangar.

Kawasaki Z H2 Kawasaki Z H2

Mesin

Berbeda dengan keluarga Z-Series yang lain Z H2 kini mengadopsi DNA dari Ninja H2, H2R dan H2 SX. Mesin 998cc kini memakai induksi supercharged. Menjadikannya jauh lebih buas daripada Z1000.

Di atas kertas, mesin 998cc 4-silinder, DOHC, 4-tak ini mampu menghasilkan 197 tk pada 11.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 8.500 rpm.

Mesin ini pada dasarnya sama seperti H2, hanya saja untuk Z H2, Kawasaki mengubah fokus tenaganya untuk mengail torsi di putaran rendah dan menengah agar karakter mesinnya lebih mudah dikendalikan.

Untuk mencapai hal ini Kawasaki telah merevisi intake udara masuk dan ram udara supercharger. Kawasaki juga membuat pipa knalpot lebih besar, agar pelepasan berbagai gas hasil mesin supercharged bisa bercampur sempurna sebelum masuk ke katalis.

Hasilnya, lubang knalpot atau muffler milik Z H2 jadi jauh lebih kecil daripada H2.

Kawasaki Z H2 Kawasaki Z H2

Sasis

Sasis Z H2 berbeda dengan H-Series yang lain. Sasis trelis dengan tingkat kekakuan tinggi ini diklaim dibuat untuk mengakomodasi pengendalian yang lebih lincah dan enak diajak menikung di kecepatan menengah.

Untuk melakukan ini, Kawasaki membuang beberapa rangka kawat yang terletak di bagian atas mesin. Tujuannya lebih supaya rangka lebih lentur menyerap getaran yang dihasilkan mesin.

Kawasaki Z H2 Kawasaki Z H2

Kaki-kaki

Suspensi depan belakang menggunakan merek Showa. Suspensi depan Showa Separate Function Big Piston Forks seperti pada Ninja H2 all series. Sedangkan yang belakang monoshock dengan fitur pengaturan tingkat kekerasan.

Ban dan pelek depan belakang sama seperti milik Z1000 yakni depan 17 inci dengan ban 120/70 dan belakang 17 inci dibalut ban 190/50.

Pengereman depan pakai cakram ganda dengan kaliper dari Brembo menjepit disc brake ukuran 290 mm. Sedangkan di bagian belakang single disc ukuran 226 mm dijepit kaliper dua piston dari Nissin.

Kawasaki Z H2Foto: Kawasaki Kawasaki Z H2

Fitur

- Riding modes – Sport, Road, Rain, Rider
- Power modes – Full 197bhp – Middle 147bhp – Low 98bhp
- IMU - Bosch
- KIBS (ABS)
- KLCM – Kawasaki Launch Control
- KTRC – Kawasaki traction Control
- KQS – Kawasaki Quick Shifter
- Cruise control
- LED lighting
- TFT dash
- Smartphone connectivity

Kawasaki Z H2 dilengkapi berbagai fitur terbaru. Salah satunya quickshifter dan blipper yang akan mulai bekerja pada kecepatan lebih dari 2.500 rpm.

Shifter dikatakan memuluskan perpindahan gir pada kecepatan rendah dan tinggi, berkat penambahan dog ring yang merupakan salah satu teknologi yang diambil dari tim balap Kawasaki di WSBK.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com