Cara Honda Lindungi Pejalan Kaki dari Potensi Kecelakaan

Kompas.com - 31/10/2019, 11:02 WIB
Sesaat sebelum menabrak, fitur CMBS Honda N-Box akan bekerja mengaktirkan rem secara otomatis. Azwar Ferdian/Kompas.comSesaat sebelum menabrak, fitur CMBS Honda N-Box akan bekerja mengaktirkan rem secara otomatis.
|

 

KANAZAWA, KOMPAS.com - Selain memberikan keamanan buat pengemudi dan penumpang, Honda juga merancang teknologi keamanan buat semua yang berada di sekitar mobil, termasuk pejalan kaki.

Dalam rangkuman teknologi Honda Sensing, ada fitur Pedestrian Collision Mitigation Steering System. Sistem ini bertugas mencegah tabrakan dengan pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan.

Pedestrian Collision Mitigation Steering akan mendeteksi pejalan kaki dan garis batas pada garis samping untuk membantu menghindari tabrakan.

Baca juga: Menjajal Langsung Sistem Anti-tabrakan Honda di Sirkuit Motegi

Ketika sistem memperkirakan akan terjadi tabrakan dengan pejalan kaki sebagai akibat dari kendaraan yang menyimpang dari jalur, sistem akan memberikan peringatan audio visual untuk mengingkatkan pengemudi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem juga akan langsung membantu memutar setir ke arah lain untuk membantu upaya menghindari tabrakan dengan pejalan kaki, atau membuat kendaraan berhenti secara total.

Selain itu, terdapat pula beberapa fitur keselamatan lainnya pada Honda Sensing, yakni Traffic Sign Recognition, Lead Car Departure Notification System, Blind Spot Information System, LaneWatch, Multi-View Camera System, Wide-angle Rearview Camera System, Parking Sensor System, serta Backing Out Support.

Baca juga: All New Honda Jazz Resmi Meluncur, Wajah Berubah Total

"Tidak ada yang tidak bisa difungsikan dalam Honda Sensing. Semua fitur keamanan tersebut bisa berfungsi di Indonesia, dan ini sebagai bentuk upaya Honda untuk membantu target nol kecelakaan di jalan raya, serta melindungi pengemudi, penumpang dan pejalan kaki," jelas Yusak Billy, Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran Penjualan PT Honda Prospcet Motor (HPM), kepada Kompas.com pekan lalu di Tokyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.