Sejarah Singkat Daihatsu Rocky, SUV yang Pernah Populer di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2019, 12:40 WIB
Daihatsu Rocky atau Taft Rocky, jadi salah satu SUV keluaran Daihatsu yang cukup populer di masanya. automobile-catalog.comDaihatsu Rocky atau Taft Rocky, jadi salah satu SUV keluaran Daihatsu yang cukup populer di masanya.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Lewat ajang Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu menampilkan mobil konsep yang digadang-gadang akan mengusung nama Rocky. Model ini disinyalir bisa masuk jalur produksi dalam waktu dekat, khususnya untuk konsumen Jepang.

Sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) berukuran kompak, Daihatsu memberikan pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 N/A pada mobil ini. Pilihan mesin kecil sengaja disiapkan, sebab segmentasi Rocky bakal diposisikan di bawah Daihatsu Terios.

Sebagai informasi, Rocky bukanlah nama baru untuk SUV. Di Indonesia, nama ini cukup terkenal pada periode 1980-an sampai akhir 1990-an.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Daihatsu Rocky, Calon Adik Terios

Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/Stanly Ravel Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019

Melansir dari laman Automobile Catalog, waktu itu Daihatsu Taft Rocky F75 mulai diproduksi secara global sejak 1984. SUV boxy ini lantas mulai dipasarkan di Indonesia sekitar 1988, dengan mesin diesel DL41 berkapasitas 2.765 cc.

Mesin yang diusung Rocky ini sama persis dengan Taft Independent. Sedangkan Daihatsu Feroza, saudara satu basisnya, menggunakan mesin bensin 1.600 cc.

Rocky lantas mendapat penyegaran dengan menggunakan mesin DL42 dengan kapasitas yang sama, dengan tenaga sekitar 76 dk dan torsi 245 Nm. Mesin ini juga masih dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Rocky, Mobil Baru Daihatsu Segera Meluncur

Daihatsu Rocky secara global diproduksi tahun 1984-2002automobile-catalog.com Daihatsu Rocky secara global diproduksi tahun 1984-2002

Bedanya, mesin telah menggunakan timing belt dan sistem bahan bakar injeksi. Ubahan ini turut membuat mesin dieselnya menjadi lebih senyap dari model sebelumnya.

Selain itu, pada Rocky F78 suspensinya telah diganti menggunakan suspensi independen di depan, menggantikan per daun sebelumnya.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Sementara di belakang juga telah disematkan per keong, yang membuat bantingan mobil ini makin nyaman.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Di Indonesia, Rocky masih populer hingga akhir 1990-an. Bahkan di beberapa negara di dunia, SUV ini bahkan masih diproduksi sampai 2002.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X